Manifes KM Mulya Sejati Bawa 40 ABK

PATI (KRjogja.com) – Jumlah korban penumpang  KM Mulya Sejati yang mengalami tabrakan  di Perairan Tuban masih simpang siur. Semula  data yang beredar   mengangkut  27 Anak Buah Kapal,  termasuk Purwono sebagai nahkoda. Namun berdasar  data manifes yang didaftarkan ke Kantor Kesyahbandaran Kelas III Juwana ternyata jumlahnya mencapai 40 orang.

Menurut Kepala Kantor Kesyahbandaran Kelas III Juwana Edi Sukisno mengacu data yang baru dikeluarkan kantor Syahbandar Kelas III Juwana dengan Dinas Kelautan Perikanan Pati, Senin (21/11) maka jumlah korban KM Mulya Sejati dipastikan bisa lebih banyak lagi.

Edy menjelaskan Kapal MV Tayson IV dengan 22 ABK  membawa muatan tapioka asal Thailand dan akan bongkar di  Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.  Sedangkan KM Mulya Sejati dari Juwana mengangkut  27 ABK  sedang lego jangkar. Pada saat musibah terjadi, diduga  para ABK   sedang tertidur 

"Kami mempunyai manifes nama penumpang KM Mulya Sejati. Data tersebut diajukan pengurus kapal. Kami egera memanggil  pengurus KM Mulya Sejati untuk klarifikasi perbedaan penumpang yang tertulis di manifes dengan berita yang tersiar," ungkap Edi.

Edi menambahkan keluarga korban akan menerima santunan dari  Jasa Raharja namun yang terdaftar di manifes. Hingga Senin (21/11) petang, 12 korban masih dalam proses pencarian, sebanyak  6 diantaranya adalah warga Pati, termasuk nahkoda kapal Purwono.  

Tiga korban  yang ditemukan namun  dalam keadaan tidak bernyawa adalah  Budi Kurniawan dan Marto alias Andre (kesemuanya warga Kecamatan Jekulo Kudus), serta Warno warga Denasri kabupaten  Batang. (Cuk)

BERITA REKOMENDASI