Merti Desa Protomulyo, Pagelaran Wayang Kulit Jadi Tontonan Idola Warga

KENDAL, KRJOGJA.com – Merti Desa atau sedekah desa merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan di Desa Protomulyo. Kegiatan ini dilakukan agar desa selalu aman dan damai. Kagiatan rutin ini juga ditandai dengan pertunjukan wayang kulit semalam suntuk. Untuk tahun 2019 ini lakon yang diambil adalah Satriyaning Nagari dengan dalang Ki Tantut Sutanto dari Klaten. 

Kepala Desa Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan Minggu (21/7/2019) Jumarno mengatakan jika kegiatan ini wujud rasa syukur warga dan harapan agar ketentraman selalu menyertai. 

"Wayang kulit merupaka perlambang sebuah kejayaan, nggak seru jika belun nanggap wayang kulit. Setiap tahun diperingati merti desa dengan nanggap wayang kulit, ini peringatan ke enam sejak saya menjadi kepala desa, dan saya berharap bisa terus diadakan," ujar Jumarno. Sebelum pagelaran wayang kulit dihari sebelumnya ada doa bersama di makam leluhur serta makam sesepuh desa.

"Kami berharap tradisi ini bisa diteruskan, karena semakin lama semakin diminati dan ini menjadi hal yang baik, setiap tahun warga yang melihat semakin banyak," lanjutnya. Selain warga sekitar, Kepala Desa Protomulyo juga mengundang seluruh kepala desa tetangga sebagai wujud persatuan. (Ung)

BERITA REKOMENDASI