Oktober 2021 Bandara Ngloram Beroperasi untuk Penerbangan Komersial

BLORA, KRJOGJA.com – Bandara Ngloram Cepu Kabupaten Blora, Jateng, rencana akan mulai beroperasi Oktober 2021 untuk penerbangan komersial. Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Bandara Ngloram bersama Menteri Sekretaris Negara, Pratikno dan Menteri BUMN, Erick Thohir, Minggu (22/8/2021).

Ketiganya datang dengan menggunakan pesawat bermesin jet dengan kode N997JH, dan disambut Bupati Blora Arief Rohman Bersama jajaran Forkopimda setempat. Begitu tiba di bandara, ketiganya langsung meninjau progres perkembangan pembangunan bandara yang dilakukan Kementerian Perhubungan dengan Pemprov Jateng dan Pemkab Blora dengan dipandu Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara, Ariadi Widiawan. Salah satu yang ditinjau adalah bangunan terminal penumpang, ruang keberangkatan dan kedatangan penumpang.

Menurut Budi, lokasi Bandara Ngloram dinilai cukup strategis, pada perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta bersebelahan dengan jalur rel kereta api, sehingga bisa terkoneksi antar moda transportasi. Dikatakan, sebelum bandara dioperasikan, perlu adanya pertemuan antarpemkab wilayah sekitar dan BUMN serta perusahaan swasta yang ada di sekitar bandara.

“Perlu ada pertemuan antar pemkab, seperti Bojonegoro, Tuban, Rembang, Grobogan dan Pemkab Ngawi untuk diajak koordinasi, termasuk beberapa perusahaan besar seperti Exxon, Pertamina, dan Semen Indonesia, guna membahas pembukaan penerbangan, Ke depan kita berencana menggeser Stasiun Cepu ke depan bandara agar intermoda transportasinya bisa terwujud mengingat lokasi bandara dekat dengan jalur kereta api,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI