Olah Limbah Kresek Jadi Lukisan, Jafar Labib Terima Penghargaan

Editor: Agus Sigit

PATI, KRJOGJA.com – Seniman Ja'far Labib berprinsip ingin merawat usia plastik hingga selama-lamanya.

"Limbah plastik, saya kumpulkan terus dikepang. Lalu saya buat lukisan. Itulah cara saya mengawetkan usia plastik, supaya lebih lama" kata Jafar di rumahnya desa Jepat Lor kecamatan Tayu, Senin (23/12).

Dari kreasi seni gimbal plastik tersebut, malah menghantar Jafar mendapat penghargaan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI pekan lalu. Karena  menteri Siti Nurbaya Bakar tertarik visi berkesenian. Yakni memperpanjang usia plastik. Sehingga menjadikan sampah jadi emas.

Didampingi istrinya, Jafar bertutur dia melukis dengan media kepang (gbal) plastik, dilakukan secara otodidak. Dimulai dengan mengumpulkan plastik (kresek) lama. Yakni dengan cara beli dari pemulung.

Plasik lalu disisir menjadi kecil-kecil, sesuai lukisan yang digarap. "Awalnya foto dirubah menjadi shiluette. Lalu cermati obyek foto. Selanjutnya bikin mata, alis, dan hidung. Karena bikin sekitar wajah adalah tahapan yang paling sulit" ucapnya.

Sederet tokoh yang dilukis Jafar Labib, diantaranya presiden Joko Widodo, Wapres Ma'ruf Amin, menteri Siti Nurbaya, dan juga anggota DPR RI, Firman Subagiyo. Serta bupati Pati Haryanto, Safin (wabup). Juga Abdul Hafid bupati Remang dan wakilnya, Bayu Andrianto. (Cuk)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI