Padi Organik Varian Baru, Merah Wangi Primadona Dukuhseti

Editor: Ivan Aditya

PATI, KRJOGJA.com – Setelah berjuang dalam waktu yang cukup lama, Koperasi Produsen Petani Indonesia (KPPI) Dukuhseti Pati berhasil mengembangkan tanaman padi organik varitas baru, yaitu Merah Wangi serta Mentik Mutiara, Basmati dan Japonica.

“Untuk menemukan tanaman padi organik varian baru, kami harus berguru yang cukup lama ke sejumlah pakar pertanian Yogyakarta” ucap Edy S, relawan pertanian desa Ngagel, Kamis (08/09/2021).

Ketua Koperasi Produsen Petani Indonesia (KPPI) Dukuhseti, Ahmad Fathoni mengatakan, bulir beras merah wangi produksinya, memiliki citarasa dan tekstur yang lebih berkualitas dibandingkan daerah lain. Hal itu yang menyebabkan produknya, selalu menjadi rebutan di pasaran. “Mungkin karena tanahnya atau geografis Dukuhseti yang menyebabkan kualitas beras lebih unggul,” ujarnya.

Menurut Ahmad Fathoni, untuk menangani produksi padi dan beras, maka anggota koperasi yang dipimpinnya, harus terlibat. Misalnya menangani pengemasan, pemasaran, serta ikut merawat tanaman, termasuk terlibat meracik pembuatan pupuk organik.

KPPI Dukuhseti menyediakan areal seluas 8 hektar untuk padi merah wangi. Kemudian, 0,5 hektare untuk jenis mentik mutiara, basmati dan japonica karena masih penelitian. Dan proses pengembangan areal dilakukan di Puncel serta Ngagel.

“Kami tidak bisa melakukan penyerapan gabah, karena keterbatasan dana. Kami juga belum memiliki gudang, dan tempat pengeringan,” ucap Ahmad Fatoni. (Cuk)

BERITA REKOMENDASI