Pancur Juara I Festival Durian Lokal Blora

BLORA, KRJOGJA.com – Durian Pancur keluar sebagai juara pertama dalam Festival Durian Varietas Lokal Kabupaten Blora tahun 2018. Buah durian hasil panen di lahan milik Yudi asal Desa Kacangan Kecamatan Todanan tersebut memperoleh nilai 76. 

Juara dua diraih Durian Mrico milik Suwignyo asal Desa Karangjong Kecamatan Ngawen dengan nilai 72, dan juara tiga diraih Durian Komet milik Harsono asal Desa Karangjong Kecamatan Ngawen dengan nilai 67.

Festival Durian Varietas Lokal yang dibuka Bupati Djoko Nugroho di Blok S Kecamatan Jepon, Selasa (20/02/2018) berlangsung meriah. Ratusan durian jenis lokal Blora milik 20 peserta dipajangkan di hadapan dewan juri yang diketuai Afrizal dari BPTP Jateng. Satu persatu durian peserta festival dinilai bergantin para juri.

"Ada beberapa kategori yang kita nilai. Antara lain rasa memiliki bobot 30 persen, lainnya kami nilai dari segi bentuk buah, ukuran, ketebalan daging, ketebalan bijinya dan warna buah,” ujar Afrizal.

Bupati Blora mengatakan, festival durian lokal Blora diharapkan bisa mengangkat nama Blora khususnya potensi durian lokal semakin dikenal. “Ini menunjukkan bahwa Blora tidak hanya dikenal kayu jatinya, tetapi juga durian dan buah-buahan lainnya yang tidak kalah dengan daerah lain,” ujarnya. (Tas)

BERITA REKOMENDASI