Pariwisata Karimunjawa Kini Jadi Primadona

JAKARTA (KRjogja.com) – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan penyeberangan, khususnya di lintasan yang mendukung pariwisata Indonesia seperti Jepara – Karimunjawa. Saat ini rute destinasi Jepara – Karimunjawa tengah diminati wisatawan domestik maupun mancanegara.

PLT Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi mengatakan, layanan penyeberangan yang dikelola ASDP Cabang Jepara itu sangat penting dalam mendukung akses transportasi dari dan ke Karimunjawa dengan tarif terjangkau. KMP Siginjai yang melayani rute ini selain sebagai akses transportasi, juga memiliki peran vital terhadap pembangunan daerah di Karimunjawa karena satu-satunya moda transportasi yang diandalkan sebagai angkutan penumpang dan logistik di wilayah tersebut.

Adapun material yang biasa menjadi muatan KMP Siginjai antara lain sayur-mayur, sembako, hingga material bangunan. "Tidak hanya mengangkut penumpang, KMP Siginjai juga dapat mengangkut sekitar 19 unit kendaraan. Tentu layanan ASDP di lintasan ini dapat menjadi pilihan utama," jelas Faik dalam keterangan resminya, Minggu (20/11/2016).

Selai itu, perekonomian di wilayah Karimunjawa juga bergantung kepada KMP Siginjai, terutama untuk distribusi barang kebutuhan pokok. "Jika seminggu saja tidak beroperasi, masyarakat bisa menjerit karena terjadi kenaikan harga barang yang menjulang tinggi," ujar Faik.

GM PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Jepara Yudhi Yanuar menambahkan, KMP Siginjai menjadi moda transportasi yang digemari oleh wisawatan yang ingin menyeberang ke Karimunjawa, terutama wisawatan luar negeri. "Walau ada kapal cepat, KMP Siinjai masih digemari oleh wisatawan. Selain tarif tiket yang murah, jadwal KMP Siginjai lebih pasti dan lebih nyaman," jelasnya.

Saat ini, tingkat keterisian penumpang di KMP Siginjai sekitar 45 persen. Selain ASDP, juga ada alternatif transportasi yang disediakan operator kapal cepat dari Kendal maupun PT Pelni dari Semarang, menuju Karimunjawa.

Yudhi optimistis, jumlah trafik pengguna jasa penyeberangan khususnya wisatawan asing yang akan ke Karimunjawa, akan meningkat pada musim libur Natal dan Tahun Baru mendatang. "Kondisi tanggal merah dan libur sekolah bulan Desember besok yang jatuh pada akhir pekan yang cukup panjang (long weekend) cukup berpengaruh mendongkrak trafik," imbuhnya. (Imd)

 

BERITA REKOMENDASI