Pascaangin Kencang, 26 Pipa Besi Perkuat Atap Tribun Stadion

KUDUS, KRJOGJA.com – Sebanyak 26 konsul pipa besi menjadi penguat konstruksi bangunan atap tribun utara Stadion Wergu Wetan Kudus, terlihat saat dilakukan peninjauan lapangan oleh Asisten II Sekretaris daerah (Setda) Kabupaten Kudus Ali Rifai, Rabu (26/12). 

Peninjauan dilakukan paska kejadian ambruknya rangka dan atap galvalum, saat terjadi hujan deras disertai angin kencang pertengahan November lalu. Peristiwa tak terduga itu disebabkan faktor alam atau force majeur. Pembangunan tribun utara dan selatan dengan APBD sebesar Rp 22,289 miliar saat ini sudah tuntas dan telah diserahkan ke Dinas Kependidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus selaku penyelenggaran kegiatan.

Paska kejadian telah dilakukan review design bangunan tribun utara dan selatan, antara lain dengan dibuatkan ventilasi untuk mengurangi terpaan angin. Selanjutnya atap diberi penguat untuk menambah kekuatan konstruksinya sehingga menjadi kokoh. Selain itu, bagian reling pagar juga ditambah tiang penguat dari baja.

“Itu sesuai arahan bapak bupati,” ujar Ali Rifai, didampingi Kepala Dinas Disdikpora Joko Susilo, Komisaris PT Kokoh Prima Perkasa Margo Waluyo, Kepala Pengadaan Barang dan Jasa Teguh Riyanto, serta Kabag Perekonomian dan Administrasi Pembangunan, Dwi Agung Hartono.

Sebelumnya jarak antar tiang pagar depan tempat duduk penonton sekitar 3 meter dengan tiga lajur pipa penghalang. Kini jarak antar tiang diperpendek tinggal 1 meter, ditambah tiang baja hingga sangat kuat. Sedang bagian atap diberi penyangga konsul.

Direktur PT Kokoh Prima Perkasa Margo Waluyo mengatakan, pihaknya menambah 26 konsul cremona dari pipa besi untuk penyangga atap yang dihubungkan dengan tiang penyangga. Sedang tiang tambahan pagar menggunakan baja profil wide flange (IWF). (Trq)

BERITA REKOMENDASI