Pegunungan Muria Dan Kendeng Perlu Dihijaukan

PATI, KRJOGJA.com – Guna mengatasi bencana banjir yang selalu terjadi di wilayah Pati, diperlukan penghijauan di pegunungan Muria dan Kendeng. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), mencatat ada 12 ribu hektar lahan kritis. Sedikitnya dibutuhkan 4,8 juta pohon untuk menghijaukan.

Bencana banjir yang terjadi setiap tahun di wilayah Pati, menarik perhatian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Kepala BNPB Doni Mardono. Keduanya memimpin penghijauan di desa Sumbersari Kecamatan Kayen, Rabu (15/1). "Penghijauan di pegunungan Kendeng, akan menyerap air hujan. Sehingga dapat mencegah banjir dan tanah longsor" kata bupati Pati, Haryanto yang didampingi wabup Saiful Arifin. 
    
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengungkapkan  kawasan pegunungan Muria dan Kendeng rusak parah. "Maka perlu perbaikan lingkungan. Yakni melalui penghijauan" tegasnya.  
    
Gubernur Ganjar Pranowo menekankan, harus ada kelompok masyarakat yang diberi tanggungjawab untuk merawat pohon yang telah ditanam.

Kepala BNPB, Doni Monardo mengimbau warga tidak mudah menggunduli lahan di pegunungan Kendeng. "Kondisi pegunungan Kendeng tidak ada resapan. Apalagi sedimentasi membuat sungai dangkal. Sehingga sering terjadi banjir" ucap kepala BNPB, Doni Mardono. (Cuk).

BERITA REKOMENDASI