Pemkab Kudus Cegah HIV-AIDS, Ini Caranya

KUDUS, KRJOGJA.com –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus berkomitmen melaksanakan program pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS. Komitmen tersebut disampaikan Plt Bupati HM Hartopo saat membuka rapat koordinasi Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Kudus, Rabu (9/10).

Rakor bertema 'Komitmen Bersama Anggota Komisi Penanggulangan AIDS dalam Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS (P2HIV-AIDS)', dihadiri 85 anggota KPA Kudus dan Perwakilan KPA Provinsi Jawa Tengah. “Kami berkomitmen dan serius dalam pencegahan dan penanggulangan masalah HIV-AIDS,” tegasnya.

BACA JUGA :

Ingin Penanganan Stroke Maksimal, Datang Saja ke Kudus

PCPI Angkat Potensi Kuliner Asli Kudus

Pihaknya mengajak petugas KPA di lapangan untuk bersinergi dengan stakeholder pemerintahan dan masyarakat. Karena pencegahan dan
penanggulangan HIV-AIDS merupakan program nasional yang harus diselesaikan bersama mulai dari tingkat daerah. Perlu dibentuk satgas
independen untuk membantu mengatasi masalah itu.

Satgas HIV-AIDS diharapkan dapat bertugas mempercepat penanganan penderita, dan mengadakan penyuluhan kepada masyarakat secara rutin. “Melalui satgas para penderita AIDS dapat terus termonitor dengan baik,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Joko Dwi Putranto, sebagai ketua penyelenggara rakor  KPA menargetkan zero infeksi baru, zero kematian akibat AIDS, dan zero diskriminasi terhadap penderita AIDS. Dirinya optimis, melalui komitmen yang kuat antara KPA dan Pemkab Kudus mampu memberi solusi terhadap permasalahan HIV-AIDS di daerah. (Trq)

BERITA REKOMENDASI