Pemuda Gembong Keliling Dunia Berkat Kaligrafi

Editor: Ivan Aditya

PATI, KRJOGJA.com – Nama Desa Plukaran, Kecamatan Gembong, Pati sekarang  kesohor ke santero dunia. Itulah berkah dari kemahiran seorang pemuda bernama Huda Purnawadi (26). Setiap  tahunnya dia mampu menyabet gelar lomba kaligrafi tingkat internasional.

Pada awal Ramadhan ini Huda menyabet juara satu kategori Sulust Jali pada lomba ‘7tape7sanat International Istanbul Classic Arts Competition’ yang digelar di Uskudar Istanbul Turki. Ia juga menjuarai lomba di Sabah Malaysia pada kategori yang sama.

“Untuk tahun 2016 lalu, karya saya juara pertama Festival Kebudayaan Safir ke-6 yang diselenggarakan di Irak. Lalu juara tiga International Islamic Arts Competition yang dihelat di Konya, Turki,” kata Huda kepada KRJOGJA.com, Selasa (06/06/2017).

Meski sudah menyabet kejuaraan kaligrafi tingkat internasional, namun Huda Purnawadi mengaku ingin terus belajar. Saat ini ia sedang berupaya keras agar bisa memperoleh ijazah Khot Naskh dan Tsulus dari Ustadz Auni Naqasy Oglu, Kaligrafer kelas dunia asal Irak.

Meski sudah terkenal sebagai kaligrafer tingkat dunia, namun sosok Huda Purnawadi tetap saja sederhana. Setiap harinya ia mau mengajar ekstrakurikuler kaligrafi di sejumlah sekolah di Pati. Selain itu dirumahnya juga siswa dari luar Provinsi yang sedang belajar seni kaligrafi. (Cuk)

BERITA REKOMENDASI