Pendistribusian Pupuk Sesuai Kebutuhan Kelompok

KUDUS, KRJOGJA.com – Penyaluran pupuk bersubsidi untuk petani di wilayah Kabupaten Kudus yang dilakukan CV Fortuna sudah sesuai surat keputusan (SK) dari dinas terkait dan Rencana Difinitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) yang diajukan gapoktan. 

Distributor secara rutin melakukan pemantauan ke pengecer untuk memastikan penyaluran pupuk tidak terjadi penyimpangan di lapangan. Demikian diungkapkan Direktur CV Fortuna, Tas’an selaku distributor tunggal pupuk urea bersubsidi keluaran PT Pusri dan perusahaan penyalur berbagai jenis pupuk produksi PT Petrokimia Gresik yang beredar di wilayah Kudus. 

Menurutnya,  sistem pendistribudsian pupuk sudah berjalan dengan baik. Pihaknya tidak alergi menerima masukan dan kritikan dari petani jika dalam penyaluran pupuk dianggap kurang tepat.

CV Fortuna menguasai seluruh kecamatan di Kabupaten Kudus untuk menyalirkan pupuk urea bersubsidi. Sedang pupuk produksi PT Petrokimia seperti NPK Phonska, ZA, SP-36 dan jenis organik, pendistribusian hanya meliputi lima dari sembilan kecamatan di Kudus, yakni Kecamatan Undaan, Kaliwungu, Gebog, Kota dan Jati.

Hingga saat ini jumlah pengecer untuk jenis pupuk bersubsidi keluaran PT Petrokimia sebanyak 70 kios. Sedang untuk pupuk urea bersubsidi sebanyak 119 kios. (Trq)

BERITA REKOMENDASI