Perayaan Hari Jadi Rembang Habiskan Ratusan Juta Rupiah

Editor: Ivan Aditya

REMBANG, KRJOGJA.com – Sabtu (27/07/2019) ditetapkan sebagai Hari Jadi Kabupaten Rembang yang ke 278. Serangkaian kegiatan dilakukan beberapa hari sebelumnya, diantaranya ziarah ke makam para Bupati/Adipatitermasuk Bupati RM Djojoadiningrat yang juga suami dari RA Kartini di Desa Bulu Kecamatan Bulu Rembang. Juga makam Pangeran Sedolaut dan penguasa REmbang era Hindia Belanda.

Jumat malam dilakukan ritual dan tirakatan di kompleks pendopo Kabupaten REmbang yang juga dibarengi penjamasan pusaka para Adipati dan Songsong yang disimpan rapi di museum RA Kartini. Dengan pakaian adat Jawa Bupati Rembang Abdul Hafid dan Wakil Bupati Bayu Andriyanto selalu mengkuti rangkaian seremonial dengan adat Jawa terlebih keikutsertaan paguyuban pelestari kebudayaan dan sastra Jawa permadani Cabang Rembang.

Kepada wartawan Bupati Hafid mengakui jika dengan segala keterbatasan anggaran Pemkab Rembang terus berbenah baik pembangunan fisik maupun non fisik. "Berbagai penghargaan telah diterima Pemkab Rembang diantaranya yang cukup membanggakan adalah Kabupaten Rembang mampu menekan angka kemiskinan hingga tiga persen dan jujur saja ini merupakan capaian terbaik di Provinisi Jawa Tengah," kata Hafid di pendopo Kabupaten.

Pagi ini bertempat di alun-alun Rembang dihadirkan panggung rakyat yang menghadirkan artis ibukota dan disiarkan live oleh salah satu stasiun televisi swasta. Ratusan warga sejak pagi menanti kedatangan artis dari Gunungkidul Dhimas Tejo.

Di tepian alun-alun telah disediakan aneka buah-buahan khas Rembang mulai dari buahj siwalan,mangga gadung hingga Kawis serta makanan kuliner khas Rembang, mulai dari Lontong Tuyuhan, nasi jagung, bubur jagung dan aneka olahan makanan dari jagung dan singkong. (Ags)

BERITA REKOMENDASI