Percikan Api Sebabkan 17 Kapal Terbakar di Juwana

PATI, KRJOGJA.com – Kebakaran di wilayah pelabuhan Juwana Pati (Jateng) kembali terjadi. Kejadian Sabtu (15/7/2017) berada di Desa Bakaran Wetan tepatnya di seputar Pulau Seprapat, menyebabkan 17 kapal motor hangus dan puluhan Anak Buah Kapal (ABK) terjebak di dalam kapal.

Keterangan yang dihimpun menyebutkan, musibah berawal dari adanya salah satu kapal yang sedang diperbaiki. Dalam situasi perbaikan tiba-tiba muncul kobaran api. Kemudian api yang berkobar besar tersebut dengan cepat menyulut ke kapal lain yang berada di kawasan pulau Seprapat.

"Ada 17 kapal yang terbakar," kata nelayan Desa Bendar, H Jamari Ridwan.

Puluhan mobil pemadam kebakaran yang datang tidak bisa berbuat banyak. Karena lokasi kebakaran, yang jauhnya sekitar 1 kilometer dengan Kantor Pelabuhan Juwana tidak bisa dijangkau armada darat, lantaran berupa areal pertambakan. Sehingga upaya pertolongan pemadaman dilakukan secara bergotong-royong.

Ratusan warga bersama anggota TNI dan Polri yang datang dengan berjalan kaki, lalu mengambil air dari sungai kemudian menyiramkan ke badan kapal.

Kepulan asap dari 17 kapal yang terbakar menyebabkan puluhan ABK tidak bisa keluar dari dalam kapal. Namun akhirnya warga berhasil mengevakuasi beberapa ABK. Diantaranya Edy Siswanto (28) penduduk desa Trimulya, Karbani (45) warga Trimulya dan Supardi (48) yang langsung dilarikan ke RS KSH Pati.

Namun setelah menjalani perawatan khusus ketiganya langsung dirujuk ke RS Karyadi Semarang karena mengalami luka bakar cukup parah.  Hingga malam ini tercatat di RSU Budi Agung Juwana didapatkan dua ABK yang dirawat karena luka bakar dan sesak nafas namun belum diketahui namanya. (Cuk)

 

BERITA REKOMENDASI