Perkembangan Pembangunan Terminal Bus Demak Dipantau Menhub

DEMAK, KRJOGJA.com – Menteri Perhubungan Budi Karya akan melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah untuk meninjau Pembangunan Terminal Bus Tipe A Demak yang berada di Kabupaten Demak, Jawa Tengah pada akhir pekan lalu.

"Menhub meninjau langsung lokasi pembangunan terminal bus tipe A di Demak, lokasinya berada di Desa Jogoloyo, Kecamatan Wonosalam, Demak," jelas Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hengki Angkasawan.

Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat tengah melakukan Revitalisasi Terminal Bus Tipe A yang ada di seluruh Indonesia. Hal tersebut yang merupakan bagian dari Program Aksi Perbaikan Prasarana Angkutan Masal Berbasis Jalan, sebagai upaya Kemenhub mereformasi pelayanan angkutan umum massal di Indonesia.

Program tersebut bertujuan untuk memberikan wajah baru pelayanan Terminal Penumpang Bus Tipe A menjadi sekelas Bandara.

“Melalui program revitalisasi tersebut, diharapkan semakin meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan umum massal seperti bus, dan mengalihkan penggunaan kendaraan pribadi,” jelas Hengki.

Diharapkan juga nantinya dengan terminal baru ini para pengusaha otobus juga bersama-bersama memberikan pelayanan yang baik dengan menggunakan bus yang bagus dan laik jalan agar masyarakat aman dan nyaman.

Sebagai informasi terminal bus tipe A di Demak ini akan dibangun dengan luas lahan 51.000 M2 yang ditargetkan selesai pada tahun 2020.

Sesuai dengan implementasi Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, telah dilakukan proses pengalihan personel, peralatan, pendanaan dan dokumen Terminal Penumpang Tipe A dari Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Pusat.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan merevitalisasi 38 terminal bus Tipe A pada 2020. Rencana tersebut dinilai sebagai upaya pemerintah memperbaiki kualitas arus mudik 2020.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakan, perbaikan terminal sesuai dengan instruksi dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Pada tahun depan, terminal-terminal ditargetkan harus setara kualitasnya dengan Bandara.(*)

BERITA REKOMENDASI