Petani Pati Panen ‘Timun Miyabi’

Editor: Ivan Aditya

PATI, KRJOGJA.com – Petani di Pati saat ini tengah panen raya White Melon. Buah yang bentuknya mirip semangka ini di Pati biasa disebut ‘Timun Jepang’ dan ada pula yang menyebutnya ‘Timun Miyabi’ yang diambilkan dari nama artis film porno dari Megeri Sakura tersebut, Maria Ozawa Miyabi. Panen raya ini terjadi di wilayah kecamatan Jaken, Tayu dan Dukuhseti.

Salah seorang petani dari Tayum, Sudiyono mengungkapkan para penggarap lahan pertama kali mengenal Timun Miyabi pada awal tahun 2017. “Kami mendapatkan timun Jepang dari Klaten lalu kami budidayakan,” unkap Sadiyono kepada KRJOGJA.com, Kamis (21/09/2017).

Buah Timun Jepang asal Pati ini nantinya akan dibeli sejumlah pengusaha asal Klaten untuk selanjutnya diekspor ke Jepang. Timun jenis ini sangat disuka masyarakat Jepang karena dijadijan sebagai Kinchi (pembuka makan) dan sangat baik untuk proses pencernaan tubuh.

Harga timun Jepang di tingkat petani di Pati sebesar Rp 1.300 per kilogramnya. Adapun sistim jual beli timun ini adalah timbang bayar, yakni barang turun dari timbangan langsung dibayar. (Cuk)

 

 

BERITA REKOMENDASI