Peternak Sapi Pati Butuh RPH

PATI KRJOGJA.com – Calon anggota DPRD Propinsi Jawa Tengah 2019-2024, Supriyanto SH mengungkapkan kabupaten Pati sangat membutuhkan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) sapi yang resprentatif. Penjualan daging selama ini, berasal dari hasil potong rumahan (jagal).

"Keberadaan RPH harus diperjuangkan. Nanti akan saya sampaikan ke pak Gubernur Jateng, supaya menganggarkan untuk dana pembuatan RPH di Pati" ungkapnya saat berdiskusi dengan sejumlah peternak sapi di Wedarijaksa, Selasa (20/8).

Berdasar catatannya, di wilayah kabupaten Pati didapatkan puluhan ribu pemelihara sapi serta 150 peternak sapi  yang cukup maju. Peternakan sapi di Kabupaten Pati berkontribusi terhadap populasi hewan ternak di Jawa Tengah. Sehingga Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Jawa Tengah terus mendorong Kabupaten Pati meningkatkan potensi, seperti ternak sapi potong lokal dan peranakan lokal (ongol)

"Populasi hewan ternak di Jawa Tengah mencapai 1,8 juta ekor, dan  6,12 % diantaranya tersebar di Kabupaten Pati. Sehingga Pati bersama  Kabupaten Grobogan, Blora, Wonogiri, Rembang, Jepara dan Kebumen menjadi kantong ternak di propinsi Jateng" kata Kepala Sub Bagian Program Dinakeswan Provinsi Jawa Tengah, Agus Sucipto, S.Pt.M.Si saat ditemui wartawan usai menyaksikan festifal sapi. ( Cuk ).

 

BERITA REKOMENDASI