Pilkades di Pati Coblos Foto Calon

PATI, KRJOGJA.com  –  Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 15 Desember 2018, para pemilih tidak lagi mencoblos tanda gambar buah, seperti padi, jagung, ketela, dan yang lainnya. Namun warga sudah memilih foto calon.  

"Masyarakat sudah maju. Jadi tidak perlu lagi memilih lambang buah. Tapi langsung mencoblos foto calon yang didukungnya" ungkap Kepala Bagian Humas Pemda Pati, drs H Rasiman MM, Selasa (02/10/2018).

Rasiman menjelaskan Pemkab Pati akan menggelar pemilihan kepala desa serentak tanggal 15 Desember. Pilkades akan berlamgsung di 61 desa yang tersebar di 20 kecamatan. Hanya atu kecamatan Batangan saja yang tidak melaksanakan pilkades, karena belum ada kadesnya yang pensiun.

Kabag Tata Pemerintahan Setda Pati, Teguh Widyatmoko menyatakan pada pilkades, tidak hanya menjaring bakal calon dari dalam desa saja, namun  bisa diikuti dari luar desa, yang terpenting  WNI.

Pada pilkades serentak, juga mulai dikenalkan tahapan kampanye, seperti pileg/pilpres. "Seorang calon tidak boleh melakukan penggalangan masa dengan cara menyelenggarakan pertemuan sebelum waktu berkampanye. Dan khusus  personel dari TNI, Polri maupun ASN yang akan ikut pilkades, tidak perlu mundur dari tempat tugasnya. Namun  cukup mendapat surat izin dari atasannya" kata Teguh Widyaatmoko.  (Cuk)

 

BERITA REKOMENDASI