PLN Energize GI dan Transmisi 150 kV

REMBANG (KRjogja.com) – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah II (PLN UIP JBT II) berhasil mengoperasikan Gardu Induk (GI) dan Transmisi 150 kV di Kabupaten Rembang tepat di Hari Pahlawan, Kamis (10/11), . GI dan Transmisi 150 kV yang menghubungkan GI Rembang dan GI Blora ini berhasil diselesaikan super cepat, dalam waktu kurang lebih dua bulan dari target waktu pembangunan satu tahun guna mensuplay industri dan masyarakat di sekitarnya.

Pemberian tegangan (Energize) pertama untuk GI Blora ke GI Semen Indonesia Incomer dilaksanakan Kamis (10/11/2016) oleh Kepala Divisi Konstruksi Regional Jawa Bagian Tengah PT PLN (Persero), Sarono, yang didampingi jajaran manajemen PLN UIP JBT II, PLN Transmisi Jawa Bagian Tengah, dan jajaran direksi dari PT Semen Indonesia.

"Keberhasilan percepatan pembangunan ini merupakan hasil kerja bersama dari Tim lintas unit di PLN Regional JBT. Kami bekerja dengan sinergi antar Unit PLN dan pihak mitra kerja, tim kami terdiri dari UIP JBT II, Unit Transmisi JBT, dan P2B dibantu oleh  mitra kerja lokal," tutur Manajer PLN UPP 3 Semarang, Sih Riyanto.
   
Sih Riyanto menjelaskan pembangunan Gardu Induk 150 kV Rembang-Blora memotong transmisi dari GI Rembang ke GI Blora  Incomer sebanyak 20 tower SUTT yang membentang sepanjang  6,5  Km dari kecamatan Mantingan menuju ke lokasi Pabrik Semen Indonesia di Blora. Selama pembangunan yang menjadi kendala operasional adalah kondisi lokasi tower yang melintasi bukit kapur sehingga perlu alat khusus utk penggalian pondasi.

"Sebagai antisipasinya, PLN mengerahkan ratusan tenaga yg terdiri dari Unit Pelaksana Proyek 3 Semarang, APP Salatiga, APP Semarang, APP Purwokerto, P2B APB Jateng dan mitra kerja dengan koordinasi antar General Manager di Regional Jawa Bagian Tengah, General Manager P2B Jawa Bali dan dikomando langsung oleh Direktur Bisnis PLN Regional Jawa Bagian Tengah, Nasri Sebayang," imbuhnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI