Polres Kudus Gelar Operasi Keselamatan Lalulintas

Editor: KRjogja/Gus

KUDUS (KRjogja.com) – Kepolisian Resort (Polres) Kudus menggelar operasi keselamatan lalulintas, berlangsung mulai 5 – 25 Februari mendatang. Kegiatan tersebut diawali dengan apel bersama TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan di halaman Mapolres setempat, Senin (5/3) kemarin. Setelah itu dilakukan simulasi operasi keselamatan dan penanganan kecelakaan oleh jajaran satuan lalulintas Polres setempat.

Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning mengatakan, kesadaran masyarakat pengguna jalan untuk tertib berlalulintas selama ini dinilai sudah cukup baik, meski beberapa kali masih ditemukan pelanggaran. Antara lain melawan arus terutama kendaraan roda dua dengan dominasi pelanggaran dilakukan oleh ibu- ibu, anak dan remaja.

“Operasi ini sebagai atensi kita, bagaimana masyarakat sadar akan pentingnya keselamatan lalulintas,” ujar Kapolres.

Keselamatan tidak saja terkait dengan pengemudi, tetapi juga keselamatan terhadap orang lain. Dalam operasi tersebut, pihaknya lebih mengedepankan teguran, peringatan, dan sosialisasi terhadap pengguna jalan. Namun begitu, bukan berari pengguna kendaraan  dapat seenaknya melakukan pelanggaran. 

“Operasi keselamatan ini sebagai upaya preemtif untuk persiapan operasi ketupat akhir Mei mendatang,” terangnya.

Terkait masalah keselamatan yang salah satu faktornya adalah kerusakan jalan, Kapolres mengaku selalu berkoordinasi dengan instansi pemangku yang memiliki tanggung jawab. Koordinasi antara lain sifatnya melalui surat resmi, serta koordinasi langsung antara anggota bforum lalulintas angkutan jalan.   

“Apalagi ini menjelang operasi ketupat, sarana dan prasarana jalan kita evaluasi bersama sehingga semuanya nanti berjalan lancar,” tegasnya

Sementara, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kudus Sam’ani Intakoris mendukung penuh operasi keselamatan yang dilakukan jajaran Polres. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memperbaiki jalan rusak yang menjadi kewenangannya. (Trq)

BERITA REKOMENDASI