Polres Pati Bongkar Praktek Penimbunan Pupuk

Editor: KRjogja/Gus

PATI, KRJOGJA.com – S warga Winong dan AM penduduk Sukolilo ditangkap polisi. Mereka diduga melakukan penimbunan pupuk bersubsidi jenis NPK Ponska, Urea dan ZA sejak delapan tahun (sewindu) lalu. Dari tangan kedua tersangka, berhasil diamankan barang bukti sebanyak 7,2 ton pupuk bersubsidi yang akan dijual ke petani.

Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat SIK melalui Kasat Reskrim AKP Ghala Rimba Doa Sirrang mengatakan, kedua tersangka berhasil diamankan saat hendak menjual pupuk bersubsidi ke petani.

Kepada wartawan, kasat reskrim polres Pati mengungkapkan, modus penimbunan pupuk bersubsidi tersebut, sudah dilakukan sejak 2013 lalu. “S mendapatkan pupuk bersubsidi dari AM. Dan AM dapatnya dari R di Jepara” ujarnya, Senin (29/3).

Berdasar hasil pemeriksaan sementara, AM jual pupuk bersubsidi ke S dengan harga Rp 195 ribu per karung. Lalu, S menjual ke petani dengan harga Rp 220 ribu per karung. “Tersangka diancam pasal 1-3 jo Pasal 6 UU Darurat, tentang Tindak Pidana Perekonomian dan UU Pengawasan Barang Bersubsidi, dengan ancaman maksimal 2 tahun penjara. (Cuk)

BERITA REKOMENDASI