PPM UAD Latih Guru Pembelajaran Berbasis STEM di Pulau Bawean

Editor: KRjogja/Gus

GRESIK, KRJOGJA.com – Tim Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) memberikan pelatihan terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran bermakna berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) bagi Guru di Pulau Bawean, Gresik Jawa Timur. Kegiatan berupa pelatihan dan pendampingan bagi guru khususnya MIPA di wilayah tersebut.

Kondisi pandemi Covid 19 mengakibatkan proses pembelajaran yang semula di sekolah beralih pembelajaran di rumah. Dampak ini mengakibatkan learning loss yaitu siswa yang tidak memiliki akses yang maksimal untuk melakukan pembelajaran daring dikarenakan siswa di Pulau Bawean berada di pedesaan atau daerah pedalaman dimana akses internet sulit didapatkan. “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mengguakan pembelajaran bermakna berbasis STEM, “ Kata Ketua Pengabdian Dian Artha Kusumaningtyas MPd juga
dosen di Program Studi Pendidikan Fisika di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UAD, Kamis (10/06/2021).

Kegiatan ini dilakukan secara daring oleh oleh 20 guru di wilayah tersebut yang dilaksanakan, Rabu-Kamis (9-10/06/2021). Menurut Dian Artha, fokus pelatihan diantaranya adalah pokok-pokok kebijakan Merdeka Belajar serta prioritas kebijakan merdeka belajar yang salah satunya meliputi program digitalisasi sekolah dan medium belajar, apa, bagaimana dan mengapa Pembelajaran STEM, serta pengenalan Platform/software untuk mendukung pembelakaran khususnya pembelajaran di sekolah menengah.

Pelatihan peningkatan kualitas pembelajaran ini dibuka oleh Kepala SMA Muhammadiyah 2 Sangkapura, Abdul Fatah SHi. Lebih lanjur, Abdul Fatah mengatakan sangat bermanfaat karena Pembelajaran STEM belum pernah diberikan oleh guru. Pada kesempatan ini pula baru diberikan pelatihan terkait STEM.

UAD

BERITA REKOMENDASI