Puluhan Bayi Bibir Sumbing Ikut Operasi Gratis

Editor: KRjogja/Gus

KUDUS, KRJOGJA.com – Puluhan bayi penderita bibir sumbing dan langit- langit mendapatkan layanan operasi gratis di Rumah Sakit (RS) Aisyiah Kudus, Sabtu (27/10) siang hingga sore. Operasi yang diikuti 31 penderita asal Kudus, Jepara, Pati, Tegal, dan Pemalang, terselenggara atas kerjasama Program Bakti Harijanto Arbi, Yuzu, dan Yayasan Permata Sari.

Pasangan suami istri Taufiq- Khomsatun, asal Desa Tanjung, Pakis Aji Jepara, mengaku terbantu dengan adanya program operasi bibir sumbing gratis. Anak perempuannya, Umilatul Ulya (17 bulan) merupakan salah satu penderita yang mendapat berkah dari layanan itu.

Hal sama diungkapkan Suwito, ayah dari  Rizki Fajariyanto (3) di kamar perawatan RS Aisyiah. Warga Loram Wetan, Jati Kudus itu mengungkapkan, anaknya menderita bibir sumbing dan langit-langit sejak lahir. Di usia 3 bulan, anaknya sudah menjalani operasi labio (bibir).

“Begitu kami tahu ada Program Bakti Harijanto Arbi operasi bibir sumbing dan langit-langit gratis, kami ikut mendaftar untuk operasi kedua,” terangnya.

Direktur RS Aisyiah dr Hilal Ariadi mengatakan, penyebab bayi menderita bibir sumbing dan langit-langit, salah satunya akibat rendahnya gizi ibu saat kehamilan tiga bulan pertama. Bibir sumbing ibarat gunung es, dari permukaan tidak nampak tapi ternyata penderitanya cukup banyak. Dan ironisnya, mayoritas penderitanya dari keluarga tidak mampu.

“Untuk pembiayaan sendiri cukup mahal, mencapai lebih Rp 20 juta. Syarat operasi bibir sumbing minimal usia tiga bulan dan maksimal 12 tahun. Sedang berat badan tidak kurang dari lima kilogram, serta hemoglobin lebih dari 10,” katanya.

Sementara, penyelenggara kegiatan Harijanto Arbi menyatakan, bibir sumbing yang diderita anak-anak berdampak pada pergaulan sehari-hari. Anak penderita bibir sumbing biasanya rendah diri karena sering diejek teman bermain. Melalui program operasi gratis ini, diharapkan dapat ikut membantu anak-anak penderita agar dapat menatap masa depan lebih baik. (Trq)

 

BERITA REKOMENDASI