Puskesmas Cegah Penyebaran Infeksi Menular Seksual

PATI, KRJOGJA.com – Semua Puskesmas di Pati diharuskan memberikan pelayanan pengobatan dan penyembuhan bagi  penderita infeksi menular seksual (IMS) agar tidak menular kemana-mana.
       
"Tetapi supaya tetap aman dan tidak tertular penyakit,  hendaknya tidak 'njajan' di sembarang tempat, terutama di kompleks para pekerja seks komersial (PSK)," ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati, dr Edy Sulistyono, Jumat (29/06/2018).

Dia juga membantah paket obat penyakit kelamin di Pati habis sejak tahun 2017 karena dalam perencanaan pembelian obat sudah memperhitungkan penyebaran penyakit menular yang satu ini. Sedangkan, penularan IMS, biasanya ditandai berupa kencing nanah atau luka pada bagian kelamin yang bila diobati tampak mudah sembuh. "Tetapi pada stadium tertentu penyakit kelamin bisa menyerang bagian syaraf" tuturnya.

Dia  menambahkan, pengidap HIV/AIDS pendektesiannya tergantung penderita, yaitu berani  memeriksakan diri. "Kendati pengobatan yang dilakukan tidak menjamin kesembuhan, tapi paling tidak bisa mencegah terjadinya penularan'' tuturnya. (Cuk)

BERITA REKOMENDASI