RS Mardi Rahayu Luncurkan Ambulans Khusus Covid-19, Pasien Rawat Turun Drastis

Editor: KRjogja/Gus

KUDUS, KRJOGJA.com– Rumah Sakit (RS) Mardi Rahayu Kudus meneguhkan komitmennya berjuang mengalahkan Covid-19. Usahanya kini mulai membuahkan hasil. Jumlah pasien suspek, probabel, dan konfirmasi Covid-19 di rumah sakit itu turun drastis.Dari rata-rata 70 pasien per hari pada Januari 2021, saat ini jumlah yang dirawat di Ruang Isolasi Khusus (RIK) Covid-19 rata- rata tinggal 20 pasien per hari.

“Tren penurunan kasus Covid-19 tidak membuat kami kendor. Kami justru semakin berkomitmen untuk mengalahkan Covid-19,” ujar Direktur Utama RS Mardi Rahayu Kudus, Dokter Pujianto MKes, Rabu (24/3).

Pihaknya berusaha mempertahankan RIK dengan surge capacity (kapasitas maksimal saat terjadi lonjakan pasien) sampai 86 tempat tidur (TT) , dan ICU Covid-19 maksimal 17 TT dengan 4 ventilator dan 13 High Flow Nasal Cannula (HFNC). Disamping itu 86 TT yang ada di RIK rumah sakit semua sudah tekanan negatif sehingga sangat aman bagi pasien dan tenaga kesehatan.

RS Mardi Rahayu juga tidak kendor melaksanakan program aman Covid-19 dengan berbagai terobosannya, yaitu pemisahan jalur pasien Covid-19 dengan jalur pasien Non Covid-19 di Instalasi Gawat Darurat (IGD,), rawat jalan, dan rawat inap, skrining karyawan dengan alat GeNose dari UGM, serta vaksinasi pada 1.221 tenaga kesehatan dan pemeriksaan kadar Covid antibodi kuantitatif bagi karyawan yang sudah vaksinasi Covid -19 lengkap. Tercatat 98 persen dari 170 karyawan yang diperiksa hasilnya sudah terbentuk kekebalan terhadap Covid-19. Dengan hasil itu, tidak ada alasan bagi masyarakat untuk takut periksa ke RS Mardi Rahayu.

“Periksa di RS Mardi Rahayu sangat aman dan tenang,” ungkapnya.

Terobosan terbaru program aman Covid adalah pengadaan ambulans emergency yang sangat aman dan nyaman khusus untuk transportasi pasien infeksi Covid-19 maupun infeksi pernafasan lainnya. Dalam ambulans emergency terdapat dua keunggulan sistem alat sirkulasi udara canggih buatan Jerman.

BERITA REKOMENDASI