Sat Pol PP Turunkan Reklame Tak Berizin

Editor: Ivan Aditya

KENDAL (KRjogja.com) – Tim gabungan menurunkan paksa puluhan reklame tak berizin di sepanjang Pantura Kendal, Senin (05/09/2016). Para pemasang sebelumnya sudah diberitahu olah Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) dengan memasang stiker tanda belum membayar pajak sejak tiga bulan sebelumnya.

Kasi Pendataan dan Pendaftaran DPPKAD Kendal, Imanudin Mahdi mengatakan, pihaknya melakukan kegiatan penertiban dan monitoring reklame yang bermasalah di Kabupaten Kendal. Reklame-reklame kemudian dilepas karena tidak memenuhi aturan yang ada.

"Reklame-reklame yang kami lepas disebabkan wajib pajak tidak memenuhi kewajibannya, dalam memperpanjang izin pemasangan reklame. Salah satu reklame yang kami lepas yakni Rumah Makan Restu Asri, yang ada di depan Terminal Bahurekso," ujar Imanudin.

Kegiatan penertiban dan monitoring reklame yang bermasalah itu, direncanakan akan berlangsung selama empat hari ke depan. Untuk kali yang pertama, menyasar wilayah Pantura Kendal – Weleri. Selanjutnya, kegiatan penertiban juga untuk daerah atas Kendal seperti Sukorejo hingga Patean, maupun Boja dan Limbangan.

"Kami juga telah mendata dan ternyata menemukan 20 reklame baru yang belum berizin, di sepanjang Pantura Kendal-Weleri ini. Untuk itu, kami telah berikan teguran maupun peringatan melalui surat pemberitahuan perihal keberatan adanya reklame yang tidak berisin tersebut," lanjutnya.

Sementara itu Kasatpol PP Kendal, Toni Ari Wibowo, mengungkapkan, kegiatan penertiban dan monitoring reklame yang bermasalah tersebut, dilaksanakan sesuai dengan Perda 11 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Reklame di Kabupaten Kendal. Selain menertibkan reklame yang tidak berizin dan belum membayar pajak, juga memberikan peringatan kepada para pemasang reklame yang melakukan pemasangan tidak sesuai aturan yang ada. (Ung)

BERITA REKOMENDASI