Satu-satunya di Indonesia, 159 Desa Miliki Saham di Satu Klinik

PATI, KRJOGJA.com – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengapresiasi pendirian Klinik Pratama Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sehat, Tlogorejo, Kabupaten Pati. Salah satunya karena saham satu klinik tersebut dimiliki oleh 159 desa melalui BUMDes. Selain itu, para pengelolanya adalah anak-anak muda. 

"Pemuda sebagai pengelola BUMDes harus kreatif dan inovatif. BUMDes membuat klinik adalah pilihan yang cerdas. Karena akan menjadi kampanye gerakan hidup sehat,"ujarnya, Senin (4/11/2019). Gubernur Jateng memastikan, jika di Indonesia baru pertama adanya BUMDes yang mendirikan klinik. Yaitu di Desa Tlogorejo, Kecamatan Tlogowungu. 

Ganjar Pranowo menyatakan keyakinannya, 159 BUMDes tersebut memiliki napas panjang. Artinya banyak inovasi yang dilakukan dan mampu menyesuaikan zaman, sehingga mampu bertahan lama.

Selain itu, jika dipegang pemuda, BUMDes tersebut kecil kemungkinan akan mengandalkan jalur-jalur proposal atau jalur pintas pengembangan. "Di Pati ini muncul orang-orang kreatif, didominasi oleh anak muda-muda yang bisa melihat perubahan zaman. Ini akan berkembang luar biasa," tandasnya.

Menurut Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama, Rusgiyanto, Klinik Pratama Bumdes Sehat Tlogowungu sebenarnya telah menjalani masa uji coba sejak Agustus 2019 lalu. Klinik tersebut memiliki tiga dokter, sembilan perawat serta beberapa pegawai lain yang turut mendukung keberlangsungannya.

Ini merupakan unit yang kelima dari target tujuh unit yang akan dibangun oleh BUMDes Bersama. "Untuk membangun satu unit klinik menelan anggaran sekitar Rp 200 juta. PT Maju Berdikari Sejahtera Pati adalah perusahaan yang menaungi Klinik Pratama tersebut dan 159 BUMDes Bersama se-Kabupaten Pati sebagai pemilik saham di perusahaan itu dengan sistem share holder," ungkap Rusgiyanto. M

enurut Rusgiyanto, BUMDes ini sudah satu tahun berdiri. Perdesa berkontribusi antara Rp 50 juta sampai Rp 100 juta. Selain PT Maju Berdikari Sejahtera, ada juga jasa konstruksi bangunan, co-working space dan bidang lainnya.

"Konsorsium BUMDes di Pati ini dikelola oleh para pemuda desa," jelasnya. (Bdi/Cuk)-c P

 

BERITA REKOMENDASI