Sebabkan Banjir, Enceng Gondok di Sungai Simo Dibersihkan

PATI, KRJOGJA.com – Gabungan  anggota Kodim 0718, Polres dan Pemkab Pati serentak terjun ke sungai guna melakukan pembersihan enceng gondok sejauh 6,2 kilometer di Sungai Simo, Minggu (4/3/2018). Operasi pembersihan dilakukan karena enceng gondok dianggap kerap menyebabkan banjir selama ini.

Dari catatan KRJOGJA.com, pembersihan enceng gondok pada Sungai Simo yang melewati Desa Purworejo, Gadingrejo, Mintomulyo, Doropayung, hingga desa Margomulyo Kecamatan Juwana.

‎"Kegiatan bersih-bersih enceng gondok untuj mensukseskan peringatan Hari peduli sampah Nasional Tahun 2018," kata bupati, H Haryanto SH MM MSI.

Menurutnya, meski ‎Sungai Simo menjadi tanggungjawab Balai Besar, namun jajaran pemkab Pati tetap ada kepedulian. "Masyarakat diimbau untuk ikut merawat sungai," kata Bupati Pati.

‎Operasi pembersihan enceng gondok sejauh 6,2 kilometer di Sungai Simo sempat melibatkan 1200 petugas dari berbagai kantor. Bahkan untuk mengangkut sampah enceng gondok, diperlukan 10 dumptruk, yang telah dikumpulkan secara manual.

Sebagaimana diketahui, selama ini kewenangan pemeliharaan Sungai Simo ditangani pemerintah pusat, melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). Namun sayangnya, masalah sampah dan enceng gondok tidak pernah diselesaikan.(Cuk)

 

BERITA REKOMENDASI