Sedulur Sikep Samin Resmi Warisan Budaya Takbenda Indonesia

Editor: KRjogja/Gus

BLORA, KRJOGJA.com –  Setelah melalui berbagai tahapan, akhirnya Kemdikbud RI menetapkan kearifan lokal Sedulur Sikep (Samin) Blora sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia. Penetapan itu ditandai dengan terbitnya sertifikat Mendikbud RI Nomor 65682/MPK.E/KB/2018 yang ditandatangani Mendikbud Prof Dr Muhadjir Effendy.

“Atas nama Pemkab dan masyarakat Blora, kami mengucapkan terimakasih atas penetapan Sedulur Sikep (Samin) sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia,” ujar Wabup Blora H Arief Rohman MSi, usai menerima sertifikat dari Kemdikbud, Sabtu (21/09/2019).

Sertifikat diserahkan pada acara Opening Ceremony Platform Indonesiana ‘Cerita dari Blora’ di panggung terbuka Stadium Seni Budaya Tirtonadi dihadiri Direktur Sejarah Ditjen Kebudayaan Dra Triana Wulandari MSi. Dikatakan Wabup, setelah Barongan Blora tahun 2017 ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda, kini giliran Sedulur Sikep Samin. ”Saya berharap hal ini bisa semakin meneguhkan Blora sebagai Kota Budaya, Kota Barongan, dan Buminya Samin Surosentiko,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Sejarah Ditjen Kebudayaan Dra Triana Wulandari MSi mengatakan, Blora yang selama ini dikenal karena kayu jati dan minyak bumi, ternyata juga kaya akan budaya. Salah satunya adalah nilai-nilai Sedulur Sikep Samin tentang bagaimana cara bersahabat dengan alam.

“Ketika bencana alam datang, kita mungkin perlu belajar dari Sedulur Sikep Samin. Betapa mereka bersahabat dan menjaga lingkungannya dengan luar biasa. Saya kira kita pantas untuk berguru dengan nilai-nilai yang hidup dalam kearifan lokal masyarakat Samin. Selamat untuk Blora, semoga ke depan Blora bisa menjadi Kota Budaya,” ujarnya.

Sesepuh Sedulur Sikep (Samin) Sambongrejo Kecamatan Sambong, Mbah Pramugi Prawiro Wijoyo, mengaku senang dan bersyukur atas terbitnya pengakuan Kemdikbud RI atas ajaran yang mereka pegang sebagai warisan budaya milik Indonesia. (Tas)

 

 

BERITA REKOMENDASI