Siswi SMK NU Banat Bikin Kagum Pengunjung MUFFEST+2022

Editor: Ary B Prass

KUDUS, KRJOGJA.com– Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) NU Banat Kudus Jawa Tengah, unjuk gigi di pagelaran Muslim Fashion Festival+(MUFFEST+) 2022 yang berlangsung di Grand Ballroom The Ritz- Carlton Pasific Place Jakarta Selatan, 21-23 April 2022.
Zelmira brand fashion dari SMK “Kota Kretek” itu mengundang decak kagum ketika menampilkan koleksi terbaru di hari kedua gelaran MUFFEST+2022. Karya bertema ‘Luwur’ yang diusung para siswi SMK salah satu sekolah binaan Djarum Foundation, dibanjiri tepuk tangan dari para fashionista yang hadir di ajang tersebut.
Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Galuh Paskamagma, mengaku bangga dengan penampilan siswi SMK NU Banat di ajang MUFFEST+2022.
Melalui keterlibatan di Festival Busana Muslim itu,  para siswi dilatih mengasah kemampuan soft skills mereka sebagai seorang desainer.
Khususnya terkait hal berinteraksi kepada konsumen dalam menjelaskan tema yang dipilih, serta material yang digunakan sehingga meyakinkan konsumen untuk bertransaksi.
Hal itu selaras dengan tujuan Zelmira sebagai Teaching Factory yang merupakan bagian dari proses belajar di SMK.
Melalui metode tersebut, para siswa dituntut bisa menerapkan keterampilan yang dipelajari di sekolah menjadi sebuah karya berkualitas sehingga dapat bersaing di pasaran.
Agar bisa menghasilkan produk yang berkualitas, para siswa tidak bisa bertumpu pada hard skills saja, tapi juga harus memiliki keterampilan lunak (soft skills) yang tinggi.
Untuk itu, kegiatan di MUFFEST ini menjadi salah satu kesempatan untuk  mempraktekkan hard skills dan soft skills yang selama ini di pelajari di sekolah.
“Selain bisa berkarya melalui desain kreatif, juga membuka kesempatan besar karena bisa terjun langsung dan menghadapi kondisi pasar yang sebenarnya,” ujarnya, Minggu (24/4).
Pada setiap proses pembuatan koleksi, Zelmira selalu melibatkan banyak siswa dengan keahlian yang beragam dan memiliki tenggat waktu ketat.
Dengan demikian, para siswa harus bisa berkomunikasi serta berkolaborasi dan menerapkan pola pikir kreatif supaya bisa menghasilkan produk berkualitas dan memberikan warna baru pada setiap koleksinya.

BERITA REKOMENDASI