Staf Khusus Wapres RI, Dua Orang Ternyata dari Pati

PATI, KRJOGJA.com – Dua dari delapan Staf Khusus Wapres RI, KH Makruf Amin ternyata berasal dari Pati Jateng. Yaitu KH Imam Azis (bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah), asal desa Kajen. Dan bidang Umum, KH Maskuri Abdilah asal Desa Pohijo, Kecamatan Margoyoso. 

"Ini sangat membanggakan. Kedua staf khusus wapres asal Pati ini sangat mewakili kultur masyarakat bawah. Dengan latar belakang pendidikan pesantren, dan keduanya juga aktivis di beberapa lembaga kebudayaan dan pendidikan," demikian diungkapkan tokoh santri Pati, H Abdul Mufidz, Selasa (26/11/2019). 

Menurutnya, Iman Aziz dan Masykuri Abdilah merupakan simbol pribadi yang sederhana,  bersih dan sangat modern. "Serta sangat terbuka dan toleran dalam peran sosial politik kemasyarakatan," ucap H Abdul Mufidz. 

Sementara itu, Masykuri Abdillah yang lahir 22 Desember 1958, dikenal sebagai pakar hukum Fiqih Islam. Menyelesaikan S1 dan S2 di Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur'an (PTIQ) Jakarta. Kemudian, melanjutkan S3 di Universitas Hamburg. 

Selsin pakar fikih Islam, Masykuri Abdila juga dikenal sangat diangkat menjadi Guru Besar Fikih Siyasah (Politik Islam) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2015). Serta, juga pernah menjadi Ketua PBNU periode 2006-2010.  

Sedang KH Imam Aziz, yang lahir tahun 1962,  adalah Ketua PBNU. Beliau menempuh pendidikan pesantren sejak kecil. Lalu melanjutkan kuliah di UIN Sunan Kalijaga, dan aktif di organisasi PMII. Kemudian ikut mendirikan Lembaga Kajian Islam (LKiS) di Yogyakarta. 

Karena konsistensinya dalam menggiatkan wacana Islam toleran, Imam Aziz lantas dinobatkan sebagai tokoh multikultural oleh organiasi bernama Islamic Fair of Indonesia (IFI), tahun 2011. Dan  tahun 2012, Imam Aziz menjadi Ketua PBNU. (Cuk)

BERITA REKOMENDASI