Terbakarnya 17 Kapal di Juwana, Kerugian Capai Puluhan Miliar Rupiah

PATI, KRJOGJA.COM – Akibat terbakarnya 17 kapal di wilayah pelabuhan Juwana Pati (Jateng), Sabtu (15/7/2017) mengakibatkan kerugian puluhan miliar rupiah. Selain itu, juga menyebabkan puluhan Anak Buah Kapal (ABK) mengalami luka bakar yang sangat serius karena terjebak di dalam kapal.

Kapal yang terbakar umumnya jenis fisher, dengan kisaran harga antara 8 hingga 10 miliar, dan jenis Cantrang dengan harga 500 sampai Rp 800 juta.

Komandan Kodim 0718 Pati, Letkol Inf Andri Kusuma menyatakan musibah kebakaran sangat besar. "Kerugian material belum bisa dihitung. Tetapi mencapai puluhan miliar rupiah," ujarnya, Sabtu (15/7/2017) malam saat ditemui di lokasi.

Keterangan yang dihimpun menyebutkan, musibah berawal dari adanya salah satu kapal yang sedang diperbaiki. Namun percikan api las dengan cepat menyambar kapal lain.

Nama kapal yang terbakar, diantaranya milik  Sumarno, Rafindo milik  Wakil Bupati Pati (Saiful Arifin) yang belum dilantik. Kemudian milik  Bagong, serta milik PR. Ada pula Sukun Kudus, milik Jarum Ngemplak Kidul, Kecamatan Margoyoso, serta dua KM milik PT Putra Leo.

Kemudian jenis KM penampung, KM cantrang milik H Umar warga Desa Bendar. Lalu  KM  Kades Bendar Kecamatan Juwana, Kapal Motor milik H Tomo, serta dua kapal lagi yang belum bisa diidentifikasinya nama kapal maupun pemiliknya. (Cuk)

 

BERITA REKOMENDASI