Tingkat Kematian Akibat Covid-19 di Pati Masih Tertinggi di Jateng

Editor: KRjogja/Gus

PATI, KRJOGJA.Com – Jumlah pemakaman dengan standar protokol Covid-19 di Pati, selama Januari 2021, terjadi di 123 lokasi.

“Diawali tanggal I Januari, ada akibat pemakaman 4 jenazah, dan terakhir, Minggu (31/1) juga empat jenazah”. Demikian diungkapkan penggiat aksi sosial Pati, Alman Eko Darmo, Senin (1/2).

Tingginya jumlah pemakaman dengan protokol kesehatan, tambahnya, menunjukkan masih lemahnya kesadaran masyarakat terhadap prokes. Yakni kepatuhan menghindari kerumunan, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, dan memakai masker masih sering diabaikan.

“Adanya vaksinasi sinovac, saat ini belum bisa menjadi andalan mencegah penyebaran dan penularan virus corona. Karena program tersebut, baru berjalan akhir Januari lalu” ucap Alman Eko Darmo.

Dr Satya Aghyma mengungkapkan dalam kasus Covid-19, Pati masih menempati urutan teratas untuk jumlah kematian di kabupaten/kota se propinsi Jawa Tengah.  Menurutnya, saat ini kasus cenderung agak turun. Namun tingkat kematian Pati masih yang tertinggi. “Pati urutan paling atas, dan rangking paling bawah adalah Kota Salatiga” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI