TMMD Kenalkan Pembunuh Ibu-Ibu Nomer Satu

Editor: KRjogja/Gus

PATI (KRJogja.Com) – Puluhan perempuan dikenalkan  bahaya kanker serviks. Kegiatan yang berlangsung di PAUD Miftahul Huda desa Godo kecamatan Winong tersebut terselenggara kerjasama Satgas TMMD Reguler Kodim 0718 Pati dengan GPKS (Gerakan Peduli Kanker Serviks) Pati Sabtu (21/04).

"Kanker serviks merupakan kanker perut rahim, berada di lubang vagina yang menuju lubang uterus (dileher rahim). Pap smear adalah sebuah prosedur untuk menguji kehadiran kanker serviks pada wanita. Sedangkan manfaat  dari pap smear  untuk mendeteksi dini kanker serviks, jadi peluang kesembuhan akan lebih besar,” ujar dr Andik, perwakilan GPKS.

“Umumnya ibu-ibu lebih mementingkan penampilan lahiriah saja, untuk kesehatan yang bersifat kewanitaan belum mendapatkan prioritas. Padahal kesehatan kewanitaan sangat penting, karena organ kewanitaan (vagina) kalau tidak dirawat akan menjadikan sumber bakteri dan bisa menimbulkan penyakit,” ujarnya.

Diimbaunya, ibu-ibu di pedesaan juga  sadar dan mau merawat organ kewanitaan serta melaksanakan tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat). Yakni pemeriksaan leher rahim (serviks), dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim. "Yaitu  memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3 sampai dengan 5%" ujarnya.

Dansatgas TMMD Reguler ke-101 Kodim Pati, Letol Arm Arief Darmawan mengharapkan  melalui kegiatan sosialisasi kanker serviks bisa bermanfaat,  karena  sangat berguna untuk antisipasi terhadap penyakit yang terkesan menakutkan, khususnya untuk kaum wanita. (Cuk)

 

BERITA REKOMENDASI