Total Kerugian Kebakaran Rp 162 M, Pemerintah Bantu Pinjaman Lunak untuk Pemilik Kapal

Editor: Ary B Prass

CILACAP, KRJOGJA.com – Kerugian akibat kebakaran puluhan kapal ikan di Dermaga Bateray Cilacap membengkak mencapai Rp 162 miliar. Karena jumlah kapal ikan yang terbakar mencapai 54 unit.

Sedang dampak dari kebakaran tersebut, tercatat 554 nelayan kehilangan mata pencahariannya. Ratusan nelayan tersebut bekerja sebagai awak kapal ikan yang terbakara tersebut.

Guna meringankan nelayan yang kehilangan mata pencahariannya, mereka diberi bantuan sembako. Sedang untuk para pemilik kapal yang terbakar itu, pemerintah menjanjikan akan memberikan bantuan pinjaman lunak.

“Kita coba bantu lewat BLU tetapi harus ada hitungan terperinci dari pemilik kapal. Bantuan pinjaman lunak tersebut berasal dari Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (BLU LPMUKP), untuk membangun kapal kembali dengan pengawasan dari Dirjen Tangkap Kementrian Kelautan dan Perikanan. Mudah-mudahan dalam enam bulan bisa melaut lagi dan para ABK bisa bekerja kembali,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Sakti Wahyu Trenggono saat meninjau lokasi kapal terbakar di Dermaga Bateray Cilacap, Rabu (11/5/2022).

BERITA REKOMENDASI