Vaksinasi Serbu Pasar, Bentuk Herd Immunity

Editor: Agus Sigit

KUDUS, KRJOGJA.com – Rumah Sakit Umum (RSU) Mardi Rahayu Kudus melakukan “jemput bola” dengan menjalankan program serbuan vaksinasi Covid-19 ke sejumlah tempat, di antaranya Pasar Kliwon. Rumah sakit swasta tersebut menggelar vaksinasi moderna dosis 1 dengan target para pedagang dan pengunjung berusia 18 tahun ke atas yang ada di pasar grosir terbesar di wilayah timur pantura Jawa Tengah. Tujuanya agar masyarakat di “Kota Kretek” segera mendapatkan Herd Immunity atau kekebalan komunal.

Vaksinasi Covid-19 digelar bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus, Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disdagsar), serta Asosiasi Pedagang Pasar Kliwon. “Ini cara kami dalam mendukung program vaksinasi pemerintah, agar seluruh masyarakat di Kudus dapat terbebas dari Covid-19,” ujar Direktur RSU Mardi Rahayu, dokter Pujianto, Sabtu (20/11).

Vaksinasi tidak hanya menyasar para pengunjung Pasar Kliwon yang berusia 18 tahun ke atas, tetapi juga diutamakan para lansia. Pasar Kliwon menjadi sasaran karena pasar itu merupakan salah satu pusat pedagangan yang menjadi ikon Kota Kudus.

Menurutnya, pasar menjadi tempat kerumunan pengunjung sehingga memiliki potensi tinggi penyebaran Covid-19 selama pandemi ini. Karena itu dengan vaksinasi, diharapkan para pedagang dan pengunjung memiliki imunitas yang lebih baik sebagai upaya mencapai herd immunity.

Ditambahkan, kesempatan vaksinasi kali ini cukup istimewa. Peserta selain mendapatkan vaksin, juga diberi voucher makan gratis dan mendapatkan doorprize mulai kaos, power bank hingga kipas angin berdiri.
“Ada tiga manfaat sekaligus, peserta mendapatkan imun, perut kenyang, dan hati senang,” ungkapnya.

RSU Mardi Rahayu melakukan vaksinasi Moderna, dengan KIPI (Kejadian Ikutan Paska Imunisasi) selama ini dilaporkan bersifat ringan. Seperti pegal-pegal, demam, mual dan pusing. Belum ada temuan KIPI Moderna sampai rawat inap di RSU Mardi Rahayu. Pujianto menyampaikan terimakasih dan apresiasinya kepada pimpinan Asosiasi Pasar dan kesediaan dinas terkait dalam berkolaborasi menyukseskan vaksinasi di Pasar Kliwon.

Vaksinasi di Pasar Kliwon menerjunkan dua Tim Vaksinator Mobile RSU Mardi Rahayu sekitar 20 orang didampingi dua orang dokter. Sasaran antara 200 orang hingga 300 orang pedagang dan pengunjung Pasar Kliwon. Rumah sakit itu secara rutin mengadakan vaksinasi baik menggunakan vaksin Sinovac, Astra Zeneca, Moderna maupun Pfizer. Vaksinasi dilakukan tidak hanya di area RSU Mardi Rahayu tetapi juga diluar area bekerjasama dengan berbagai pihak.

Sementara, salah seorang pedagang Pasar Kliwon asal Banjarnegara, Fani Kristanti (44) menyambut baik terselenggaranya vaksinasi oleh RSU Mardi Rahayu bersama dinas terkait. Ia sangat bersyukur, akhirnya dapat ikut vaksinasi. “Karena sibuk berdagang, kami sampai nggak sempat ikut vaksinasi Covid-19. Tapi dengan adanya vaksinasi di Pasar Kliwon ini, semua pedagang dan pengunjung pasar berbondong- bondong ikut vaksin,” katanya. (Trq)

 

BERITA REKOMENDASI