Virus Corona Diharap Bisa Jadi Momentum Kebangkitan Petani

Editor: Ivan Aditya

PATI, KRJOGJA.com – Munculnya kasus virus corona (Covid19) di sejumlah negara, hendaknya dijadikan momentum ‘kebangkitan petani’ nasional. Karena harga tembakau lokal mulai membaik serta kelangkaan bawang putih impor bisa menjadi penyemangat petani untuk lebih mengembangkan tanaman bawang putih. Demikian diungkapkan anggota Komisi IV DPR RI, H Firman Subagiyo SE, Rabu (04/03/2020).

“Gonjang ganjing harga bawang putih dan tembakau, disebabkan ada mafia importir. Selama ini, diduga ada oknum yang ikut andil mamainkan pejabat untuk meraup keuntungan pribadi” ucap anggota anggota dewan asal Batangan Pati.

Menyinggung soal virus Corona, Firman Subagiyo melihat justru menguntungkan petani tembakau. Karena hasil tanamannya dibeli dengan harga yang cukup baik. Sehingga petani tembakau dapat menikmati keuntungan akibat pabrik rokok yang selama ini memilih tembakau import, terutama tembakau dari Cina.

Berdasar hasil kunjungan kerja di berbagai wilayah di Jawa Tengah, Firman Subagiyo mencatat keluhan masyarakat mengenai bawang putih, yang harganya melampaui batas kewajaran. Ini disebabkan adanya kebijakan negara produsen bawang putih, yaitu Cina yang melakukan stop ekspor.

Diingatkannya, jika Presiden Jokowi sudah sering mengkritik kebijakan para pembantunya yang sering melakukan import produk pertanian, termasuk tembakau dan gula, garam. (Cuk)

BERITA TERKAIT