Warga Desa Selokaton Gelar Upacara Berpakaian Jawa

Editor: Ivan Aditya

KENDAL, KRJOGJA.com – Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 secara serentak diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia Sabtu (17/08/2019). Hal menarik ada di Desa Selokaton Kecamatan Sukorejo, warga bersepakat menggunakan pakaian adat jawa, meski beberapa warga ada yang mengenakan kostum wayang orang dan juga badut.

Slamet salah seorang warga yang juga peserta upacara mengaku senang bisa ikut serta memperingati hari Kemerdekaan RI. "Warga sangat antusias mengikuti upacara dengan modal sendiri kami mengenakan berbagai kostum agar menarik," ujar Slamet.

Desa Selokaton ada 14 RT dan semuanya mengirimkan perwakilannya menjadi peserta upacara. Kepala Desa Selokaton Parwadi mengatakan kegiatan upacara bendera ini sudah dilaksanakan sejak 20 tahun lalu dan sudah menjadi kegiatab rutin.

"Sebelum upacara kami menggelar karnaval yang diikuti oleh semua warga 14 RT dan juga beberapa sekolah, karnaval diawali dari lapangan selokaton berakhir di Taman Desa yang juga tempat acara berlangsung, mereka juga nenjadi peserta upacara," ujar Parwadi.

Setiap RT, menurut Parwadi bebas mengeluarkan kostum apa yang dipakai. "Karnaval kami lombakan agar nenarik warga untuk berpartisipasi," lanjutnya.

Layaknya upacara HUT RI di Jakarta, Di Sekokaton juga ada Paskibra dan direkrut dari warga desa yang masih sekolah. Seleksi juga diakukan untuk mendapatkan personil pengibar bendera yang berjumlah 30 anak tersebut.

David Prasetya siswa SMAN Sukorejo yang juga Paskibra Desa Sekojaton. "Saya sudah mengikuti dan mejadi pengibarbendera sudah 4 kali. Setiap tahun saya terpilih sejak duduk di bangku SMP sampao sekarang, mesk8 tingkat desa taoi saya bangga," ujar David.

Tidak hanya Paskibra, Kepala Desa Selokaton juga melakukan pemeriksaan barisan dan pasukan menggunakan mobil jeep. (Ung)

BERITA REKOMENDASI