Warga Dituntut Selalu Siaga Bencana

Editor: Ivan Aditya

REMBANG, KRJOGJA.com – Kapolres Rembang AKBP Dolly A Primanto mengingatkan, semua kompoen harus siap siaga dengan bencana alam yang sewaktu-waktu datang. Sehingga memperkuat koordinasi dengan instansi terkait, dalam mempersiapkan penanggulangan bencana alam yang mungkin bisa saja terjadi.

Dalam Rakor Sabtu (11/01/2020) kemarin Dolly mengatakan ada beberapa wilayah di kabupaten Rembang yang rawan terjadi bencana alam seperti banjir, angin puting beliung, tanah longsor dan gelombang pasang air laut. Personel Polres Rembang juga sudah siap tanggap bencana dan perlengkapan penanggulangan bencana alam yang sudah cukup memadai.

“Namun Kita juga tidak akan mampu untuk melakukan tugas ini kalau tanpa sinergitas bersama instansi lain seperti, Dinsos, Tagana, BMKG, TNI dan Instansi terkait lainya,” ujarnya.

Kapolres Rembang juga berharap, semoga bencana alam tidak terjadi di wilayah kabupaten Rembang dan kalaupun terjadi masyarakat serta petugas bisa dengan cepat tanggap melakukan penanggulangan bencana. “Bencana alam memang tidak bisa kita perkirakan, semoga saja tidak terjadi di wilayah Kabupaten Rembang, kalaupun terjadi maka masyarakat dan kita sudah cepat dan tanggap,” katanya.

Dolly juga mengatakan, dari Polres Rembang sudah siap seperti personil yang memang ditugaskan untuk siaga bencana dan juga perlengkapan lainnya.“Dari perlengkapan kita sudah siap, seperti perahu karet, pelampung, mesin dan lainnya, walau terbatas, namun tidak mengurangi kesiapan kita untuk menanggulangi benca alam apabila suatu saat terjadi,” katanya.

Ada pun faktor-faktor penyebab terjadinya banjir diantaranya, dreinase atau saluran air yang tersumbat atau tidak lancar, sehingga mengakibatkan air meluap, kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah dan faktor lainnya. Gelombang tinggi di Laut Jawa juga menjadi perhatian tim terkait,karena kecelakaan laut oleh kapal nelayan bisa sewaktu-waktu terjadi. (Ags)

BERITA REKOMENDASI