Warga Perumahan Sub Inti Menerima Hak MiliK Rumah dan Tanah

Editor: Ivan Aditya

KENDAL, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Kendal menyerahkan Surat Keputusan (SK) Hak Rumah dan Hak Tanahnya Sub Inti di Kelurahan Bandengan Kecamatan Kendal dan Desa Penyangkringan. Penyerahan diberikan secara langsung oleh Bupati Kendal Mirna Annisa.

Berdasarkan Keputusan Bupati Kendal Nomor 028/420/2019 tanggal 31 Oktober 2019 tentang penyerahan hak milik atas rumah dan hak tanahnya kepada yang berhak menerima sesuai perjanjian sewa beli sub inti di Kelurahan Bandengan Kecamatan Kendal dan Desa Penyangkringan Kecamatan Weleri.

Kepala Bakeuda Kendal, Drs. Agus Dwi Lestari menjelaskan, perumahan sub inti Kelurahan Bandengan Kecamatan Kendal dibangun pada tahun 1991/1992 dengan luas tanah seluruhnya 3000 M2 berstatus tanah milik Pemkab Kendal dari eks bengkok belum bersertifikat yang berjumlah 40 unit, dengan nilai sewa beli Rp 2.966.903, yang diangsur Rp 541/hari selama 15 tahun, dengan batas pelunasan tanggal 8 Mei 2007 dan realisasi pelunasan tanggal 31 Desember 2013.

Sedangkan perumahan sub inti di Desa Penyangkringan Kecamatan Weleri dibangun pada tahun 1995/1996 dengan luas tanah 2000 M2 milik Pemkab Kendal belum bersertifikat, dengan asal usul harga Rp 14.000.000 yang berjumlah 20 unit. Untuk nilai sewa beli Rp 4.590.000 dengan angsuran Rp 850/hari selama 15 tahun, dengan batas pelunasan 11 Agustus 2011 dan realisasi pelunasan  17 Agustus tahun 2017. “Kini semua sudah kami serahkan kepada warga untuk hak kepemilikannya,” ujar Agus Dwi.

Bupati Mirna Annisa menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya warga kelurahan bandengan Kecamatan kendal dan desa penyangkringan Weleri. Dengan ini diharapkan dapat lebih memajukan Kendal.

“Saya ucapkan selamat kepada Bapak-lbu semua yang menerima SK Hak Rumah dan Hak Tanah Sub Inti, tentunya hal ini merupakan suatu kebahagiaan bagi panjenengan semua, mengingat dengan adanya surat ini berarti status kepemilikan tanah sudah jelas. Lebih dari itu, ini juga bernilai guna sebagai modal bagi masyarakat untuk membuka usaha guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Bupati Mirna.

Mirna juga menyampaikan, pemkab terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat salah satunya dengan penyerahan ini. Menurutnya tanah merupakan salah satu aset yang harus dapat dikelola secara aman tanpa adanya persengketaan yang mungkin saja terjadi.

“Inilah merupakan komitmen dari Pemerintah Kabupaten Kendal kepada masyarakat, untuk mengurangi sengketa tanah yang terjadi. Untuk diketahui surat ini tentu sangat penting sebagai dasar bukti Hak Rumah dan Hak Tanah yang sah serta memberi kepastian yang berkekuatan hukum dan ini otomatis akan mengurangi sengketa yang terjadi,” lanjutnya.

Lebih lanjut Bupati Mirna berpesan, agar dapat mepergunakan surat dengan baik dan bijak, dan menjadikan ini sebagai satu kebaikan membawa Kendal lebih baik lagi. Kemudian terus suport pembangunan di Kabupaten Kendal demi kemajuan kita bersama. (Ung)

BERITA REKOMENDASI