Wisatawan Makin Nyaman, Kawasan Sunan Muria Miliki Gedung PKL

KUDUS, KRJOGJA.com – Para wisatawan dan peziarah Makam Sunan Muria di kawasan Desa Colo Kecamatan Dawe Kudus, ke depan bakal lebih nyaman dan leluasa berbelanja buah tangan khas daerah itu untuk dibawa pulang. Hal itu menyusul selesaianya pembangunan gedung tiga lantai yang akan difungsikan untuk tempat usaha pedagang kaki lima (PKL), asongan dan terminal wisata.

Untuk pemanfaatan bangunan itu masih menunggu sarana pendukung sebelum gedung benar- benar dioperasikan. “Harapan kami, sebelum lebaran Idul Fitri 2018 sudah dapat difungsikan,” ujar Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Sudiharti melalui Kabid PKL Sofyan Dhuhri, Senin (11/12/2017).

Dinas Perdagangan Kudus masih akan menganggarkan pemasangan keramik di lantai dua, instalasi listrik dan air. Sedang pembuatan sekat antar kios diserahkan masing – masing PKL.

Bangunan tiga lantai senilai Rp 21,3 miliar di atas tanah sekitar 9.000 meter persegi cukup representatif. Pada bagian bawah seluas 2.220 meter per segi akan digunakan untuk terminal bus. Sedang lantai dua seluas 2.405 meter per segi, digunakan menampung 139 los PKL. Untuk lantai tiga dibangun dua gardu pandang, masing – masing berukur 7,5 x 7,5 meter per segi.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek PKL Colo Andy Imam Santosa menambahkan, gedung tiga lantai tersebut dilengkapi eskalator. Saat ini pekerjaan pembangunan sudah selesai dan tinggal dilakukan pembersihan, sebelum gedung diserahkan atau dilakukan Profesional Hand Over (PHO).

Sementara, Komisaris PT Kokoh Prima Perkasa selaku penyedia jasa, Margo Waluyo menyatakan, pekerjaan bangunan sudah rampung, namun perawatan gedung selama setengah tahun masih menjadi tanggungjawabnya. (Trq)

 

 

BERITA REKOMENDASI