Rutan Banjarnegara Gelar Pelatihan Ketrampilan Las dan Pembuatan Pakan Lele

Editor: Ary B Prass

BANJARNEGARA, KRJogja.comSebanyak 16 warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Banjarnegara mengikuti pelatihan keterampilan las dan pembuatan pakan lele.

Kepala Rutan Banjarnegara, Karyono mengatakan, pelatihan keterampilan dipandu langsung oleh tenaga ahli dari Dinas Tenaga Kerja Banjarnegara bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banjarnegara.

Pelatihan bertujuan memberi bekal ketrampilan warga binaan untuk mencari nafkah setelah mereka selesai menjalani hukuman. “Kami berharap, mereka nantinya juga menyebarkan ilmunya kepada masyarakat,” ujar Karyono.

Dua warga binaan, Agus dan Usman, menyatakan senang diberi kesempatan mengikuti pelatihan. “Kami berharap, dengan ilmu yang diperoleh dari sini kami bisa mendapat penghasilan,” kata Usman.

Terpisah, ketua Baznas Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo mengatakan, Baznas terpanggil untuk ikut membekali ketrampilan warga binaan Rutan karena banyak diantara mereka berusia produktif.

“Mereka juga kami beri bantuan alat kerja. Kami akan memonitor mereka setelah bebas. Kalau ternyata program seperti ini efektif, kami akan terus,” kata Sutedjo. (Mad) 

BERITA REKOMENDASI