1.000 Veteran Peringati Harvetnas Virtual

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Hari Veteran Nasional (Harvetnas) diperingati Selasa (10/8/2021) dalam suasana Pandemi Covid dengan telekonferen. Meski tidak tatap muka, namun ada 1.000 veteran yang tersebar seluruh Indonesia mampu mengikuti dengan khidmad.

Ketua Umum DPP LVRI Pusat Mayjen TNI Purn Saiful Sulun menyampaikan pidato sambutannya secara daring mengajakselruh vetera membantu Pemerintah menangani Covid-19.

“Ini kita lakukan sebagai dukungan LVRI terhadap kebijakan Pemerintah khususnya mengatasi Pandemi Covid-19. Covid-19 telah menimbulkan 3 Juta lebih orang terpapar dan lebih dari 100 ribu meninggal dunia. Untuk itu jangan biarkan Pemerintah sendiri mengatasi Covid-19. Mari bantu pemerintah dengan menggelorakan semangat Gotong Royong guna membantu masyarakat yang lemah. Khusus bagi warga LVRI saya ingatkan untuk memperhatikan Surat Edaran Ketua Umum LVRI agar warga Veteran di manapun berada selalu menjadi contoh bagi masyarakat dalam menegakkan disiplin Protokol Kesehatan,” kata Ketua Umum DPP LVRI Pusat Mayjen TNI (Purn) Saiful Sulun, Selasa (10/08/2021).

Saiful juga mengungkapkan, 10 Agustus merupakan momentum dimana pada tahun 1949 mmerupakan hari berakhirnya peperangan Indonesia – Belanda. Saat itu ditandai dengan perjanjian yang ditandatangani oleh Letkol Ignasius Slamet Riyadi dari pihak Indonesia dan Kolonel Ohl dari pihak Belanda. Peristiwa ini juga disebut Perang Perpisahan.

Selain Itu 10 Agustus 1949 merupakan hari bersejarah di mana Presiden Soekarno menetapkan para Pejuang Kemerdekaan adalah Veteran. Lebih dari itu Harvetnas melahirkan suatu nilai yang amat luhur, yakni Rela Berkorban – Pantang Menyerah dan Percaya Pada Kekuatan Sendiri.

Di Kota Semarang, Walikota Hendrar Prihadi memberikan apresiasinya berupa bingkisan kepada para Veteran. Kapten CPM Purn Sanjoto (91) memyampaikan terima kasih atas perhatian Pemkot Semarang, terutama pada dirinya.

“Perhatian Pemerintah Kota Semarang sangat luar biasa terhadap Veteran, termasuk rencana menghibahkan rumah yang kami tinggali sejak tahun 1970 dan kini menunggu proses. Kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Bintal TNI melalui Danramil 13 Semarang Selatan Mayor Inf Rahmatullah juga kami sampaikan terima kasih yang sudah merenovasi rumah kami. Generasi muda yang peduli Veteran inj cukup membanggakan dan menjadi bukti tidak melupakan sejarah,” ungkap Sanjoto.

Sementara Ketua Markas Daerah (Kamada) PPM Jawa Tengah, Hj Gatyt Sari Chatijah SH MM terpisah menyampaikan ucapan selamat dan komitmennya sebaga organisasi putra-putri dan keluarga veteran untuk ikut melaksanakan perintah DPP LVRI maupun Pemuda Panca Marga, teritama memberikan dukungan kepada pemerintah dalam penanganan Covid-19.

“PPM Jawa Tengah telah berperan aktif bersama stake holder membantu pemerintah, termasuk terlibat sebagai Satgas Covid di kewilayahan dan memberikan bantuan kepada masyarakat,” tutur Gatyt. (Cha)

BERITA REKOMENDASI