1.331 Maba FT Unnes Pecahkan Rekor MURI

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com-unnesPandemi Covid-19 menjadikan seluruh kegiatan yang melibatkan orang banyak menjadi terbatasi, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Salah satu contohnya adalah kegiatan penyambutan mahasiswa baru Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (FT Unnes) tahun 2021 yang mengharuskan pelaksanaannya dilakukan secara daring dari rumah masing-masing melalui aplikasi Zoom.

Penyambutan mahasiswa baru FT Unnes tahun 2021 secara daring tidak menyurutkan semangat para mahasiswa baru Unnes dari seluruh Indonesia. Justru pada Program Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (PPAK) FT Unnes tahun 2021 ini menyajikan kreativitas yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, PPAK FT Unnes 2021 lagi-lagi membuat sebuah inovasi  yang membuat Unnes semakin unggul di antara universitas lain di Indonesia. Dengan mempersembahkan sebuah karya seni dan teknologi yakni
“Konfigurasi Papermob Virtual dengan Ilusi Optik pertama di Indonesia” atau nama lainnya Crepuscular Configuration. Penamaan karya kali ini diadaptasi dari fenomena alam yang menakjubkan yaitu sinar Crepuscular. Sinar Crepuscular adalah ilusi perspektif secara praktis sejajar.

Ketua Panitia PPAK FT Unnes, Afnan Hafidhuddin menyampaikan bahwa mahasiswa yang aktif mengikuti kegiatan ini berjumlah 1.331 mahasiswa baru (maba) Unnes dari seluruh Indonesia.

Sementara itu ketua BEM FT Unnes Ardi Fauzan Bariki menyampaikan tujuan kegiatan ini sebagai hadiah untuk mahasiswa baru agar terpacu berkreativitas melalui karya Papermoob Virtual Ilusi Optik pertama di Indonesia. Konfigurasi ini merupakan konsep baru terkait seni konfigurasi dengan menyusun kertas berwarna sedemikian rupa sesuai dengan desain yang telah ditentukan dan diberikan sebuah transisi garis sehingga dapat menimbulkan efek sebuah ilusi mata (bergerak).

Dewan MURI menyampaikan bahwa pembuatan konfigurasi papermob virtual oleh mahasiswa baru Fakultas Teknik tahun 2021 dengan nama angkatan Jiwangga Saksana. Karya ini memberikan pesan moral kepada masyarakat agar tetap bersemangat dan tidak kehilangan harapan walau masih berhadapan dengan pandemi COVID-19.

Selain itu, karya ini juga diharapkan mampu menyentuh setiap hati masyarakat Indonesia, sebagai wadah penyambung aspirasi pada perayaan HUT ke-76 RI. Dekan FT Unnes Dr Nur Qudus MT IPM dan Wakil Dekan III (bidang kemahasiswaan) FT Unnes Dr Wirawan Sumbodo MT berharap tradisi pemecahan rekor MURI ini sebagai tantangan bagi maba Unnes untuk selalu berinovasi dan mengembangkan soft skill dan hard skill sesuai dengan bidangnya. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI