10 Ribu Trembesi Teduhkan Tol Semarang – Batang

Editor: KRjogja/Gus

BATANG, KRJOGJA.com – Penanaman pohon untuk penghijauan secara konsisten terus dilakukan oleh Djarum  Foundation melalui Djarum Tress For Life (DTFL) sebagai upaya mengurangi pemanasan global.

 

Penanaman pohon trembesi sebanyak 10 ribu batang dilakukan sepanjang 75 Km jalan Tol Semarang-Batang diawali oleh Gubenur Jateng Ganjar Pranowo,SH, M.IP  didampingi Vice President Djarum Foundation FX Supanji, Pimpinan proyek PT jasa marga Semarang Batang  Ir .R Beni Dwi septiadi dan Bupati Batang Wihaji, di kawasan Jembatan Merah Putih Kalikuto, Kabupaten Batang, Sabtu (3/10).

 

Gubenur Jateng Ganjar Pranowo, menyambut baik upaya penghijauan itu yang dinilainya sangat positif, karena bisa mengurangsi dampak gas CO2 sekaligus nantinya membuat pemakai jalan merasa nyaman, Tol ini merupakan program strategis nasional membuka jalur cepat jawa. "Tentunya kendaraan yang lewat akan banyak maka dengan adanya penanaman pohon jalur ini akan menjadi rindang, sejuk sekaligus menyerap emisi, Sepuluh tahun kedepan lokasi ini menjadi salah satu titik ikon Tol Jateng yang teduh dan rimbun," ujarnya.

Sementara Vice President Djarum Foundation FX Supanji mengatakan, jika upaya yang dilakukan Djarum Foundation melalui Djarum Tress For Life (DTFL)di Batang ini merupkan rangkaian kegiatan yang akan dilakukan secara berkesinambungan, Selumnya dilakukan penghijauan yang sama di Tol Cipali tahun 2015 lalu, nantinya juga dilakukan di jalur Surabaya-Mojokerto, jalur Gempol-Pasuruan dan Kertosono- Ngawi," paparnya.

Disinggung dipilihnya Pohon Trembesi, karena jenis pohon ini sangat unggul dalam menyerap gas CO2 dimana satu pohon dewasa bisa menyerap 28,5 ton CO2 pertahun, disisi lain bentuk pohon seperti kanopi atau payung raksasa bisa menurunkan suhu udara hingga 4 derajad celsius, "Pohon yang berjuluk Ki Hujan atau rain Tree mempunyai berbagai keunggulan sehingga menjadi pilihan untuk menghijauan," jelasnya.

"Djarum Foundation didirikan sejak 30 April 1986 dengan misi untuk memajukan indonesia  menjadi negara digdaya melalui lima bakti yakni , Bakti Sosial, Olah raga, lingkungan, Budaya dan  Bakti Pendidikan," Inimerupakan komitmen PT Djarum melalaui CSR nya memberikan sumbangsih untuk lima kaegiatan tersebut," tambah Supanji. (*)

 

BERITA REKOMENDASI