100 Prajurit Kodim Semarang ‘Gempur’ Belanda

SEMARANG, KRJOGJA.com – 15 Desember 2018, digelar peringatan Hari Juang Kartika (HJK) 2018. Peringatan mengenang sejarah gemilang prajurit infanteri TNI dalam pertempuran sengit Palagan Ambarawa melawan Belanda. Puncak peringatan digelar di Kota Ambarawa, tempat sejarah itu terjadi.

Selain upacara peringatan, akan banyak atraksi, mulau dari devile, pameran alutsista hingga drama kolosal yang akan dibawakan oleh 100 lebih personil Kodim 0733 BS Semarang. Hampir sebulan prajurit pilihan dari Kodim 0733 BS Semarang mempersiapkan diri tampil dalam drama kolosal yang mengisahkan kegigihan Panglima Besar Jenderal Sudirman menentang penjajahan dengan menggelar beberapa pertempuran di rute gerilyanya di Ambarawa mengusir penjajah Belanda yang hendak menguasai kembali wilayah Indonesia.

Dikisahkan pertempuran sangat seru, dimana para pejuang RI bahu membahu mengepung pertahanan Belanda di Ambarawa. Panglima Jenderal Sudirman mengatur siasat peperangan dengan siasat formasi 'supit udang'. Belanda pun terjepit dan mengerahkan beberapa pesawat tempur Mustang Cocor Merah yang meraung di atas langit Ambarawa. Seorang prajurit pejuang pimpinan sektor, Letkol Isdiman pun gugur karena tertembak Cocor Merah. Sementara beberapa pejuang pun berhasil menembah jatuh pesawat Mustang dan jatuh tenggelam di rawa pening.

Kisah drama kolosal ini akan menjadi pertunjukan menarik yang menceritakan betapa heroiknya perjuangan rakyat Indonesia dalam mengusir penjajah Belanda dari muka bumi.

Dalam kisah heroik tersebut, menurut Pasiter Kodim 0733 BS Semarang, Mayor Inf Susanto, ada 100 prajurit Kodim 0733 BS Semarang ambil bagian memerankan pejuang dan tokoh-tokoh sentral dalam drama kolosal. Setiap hari berlatih menjiwai peran sebagai pejuang dan tokoh-tokoh sentral perjuangan. Para pemain dibawah koordinator Mayor Inf Kusnul dan Kapten Inf Subandi.

Masyarakat yang ingin menyaksikan sejarah perjuangan bangsa melalui drama kolosal bisa datang pada Puncak Peringatan Hari Juang Kartika, Sabtu (15/12/2018) di lapangan Panglima Besar Jenderal Soedirman, depan Yonkav Turangga Ceta mulai pukul 07.00 WIB. (Cha)

BERITA REKOMENDASI