119 Dokter Baru Unissula Disumpah, Langsung Magang di Rumah Sakit Darurat Covid-19

Editor: Agus Sigit

SEMARANG,KRJOGJA.com– Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang Dr dr H Setyo Trisnadi SH SpKF menyampaikan para dokter baru lulusan FK Unissula sangat dibutuhkan pemerintah terutama dalam rangka ikut serta penanganan pandemi Covid-19 di negeri ini.

Hal tersebut disampaikan Dekan saat acara pengambilan sumpah 119 dokter baru FK Unissula di kampus setempat, Sabtu (24/7/2021). Acara dilakukan secara luring (perwakilan 4 dokter baru beserta orang tua mereka) dan secara daring untuk mayoritas lainnya.
“Dalam suasana darurat corona saat ini, Kementerian Kesehatan sangat membutuhkan tenaga medis untuk ditempatkan di sejumlah rumah sakit darurat (RSD) Covid-19. Para dokter baru ini, menjadi salah satu bagian garda terdepan dalam penanganan pasien Covid-19” ujar Dekan.

Menurut Dekan, 119 dokter baru FK Unissula yang diambil sumpah ini segera menjalani internship atau magang di beberapa Rumah Sakit Darurat Covid-19 yang ada di Jawa Tengah. Yaitu di Asrama Haji Donohudan Surakarta dan Balai Diklat Srondol Semarang. Karena segera dibutuhkan tenaganya, pemerintahpun mempercepat semua proses administrainya yang pada kondisi biasa bisa sampai 1 bulan, tetapi kali ini cukup 2 minggu.
“Kalau periode sebelumnya meraka magang 1 tahun, 4 bulan puskemas dan 8 bulan rumah sakit maka kali ini mereka menjalani magang di RS Darurat Covid selama 9 bulan. Untuk para dokter baru yang akan segera bertugas, kami minta selalu menjaga kesehatan sehingga memperlancar tugas dan pengabdian kemanusiaan mereka,” katanya.

Pada kesempatan acara sumpah dokter FK Unissula ke 118 periode 2 tahun 2021 ini terdapat 2 dokter baru yang menempati 10 besar dokter peraih nilai tertinggi secara nasional saat menempuh Uji Kompeteni (UKMPPD) yaitu dr Aditya Ratna U nilai 92 dan dr Rizki Fauzia (sumpahwan terbaik IPK 3,87 dan nilai UKMPPD 86). Sampai saat ini, tercatat sebanyak 5.622 dokter telah diluluskan oleh FK Unissula. (sgi)

 

BERITA REKOMENDASI