17 Maret, Polda Jateng Terapkan E-Tilang

SEMARANG, KRJOGJA.com – Penerapan E-tilang bagi pelanggar lalu lintas di wilayah Jawa Tengah segera dilaksanakan mulai 17 Maret 2017. Dalam mendukung program itu di wilayah Jateng yang dianggap rawan dipasang kamera.

“Jumlah sementara terpasang tersebar di wilayah Jateng ada 27 Kamera terdiri dari 21 titik Closed Circuit Television (CCTV) dan 6 speedcam. Speedcam ini kita gunakan untuk masyarakat yang ugal-ugalan”, ungkap Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi kepada wartawan,Senin(22/2) di Traffic Management Center (RTMC) Gedung Ditlantas Polda Jateng, jalan Pahlawan Semarang.

Pucuk pimpinan jajaran Polda Jateng mengatakan sistem penegakan lalu lintas yang dinamai Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) ini bakal dilaunching pada 17 Maret mendatang. Kemudian, tahap kedua dijadwalkan akan di launching pada bulan April. “Nanti akan kita tingkatkan menjadi 52 titik, dengan harapan masyarakat akan tahu dengan adanya ETLE Polda Jateng mendukung program bapak Kapolri, selain mendidik masyarakat kita terkait aspek lalulintas”,tutur Kapolda.

Kapolda menyebut pemberlakuan ETLE ini bertujuan untuk mengurangi resiko anggota Polri bersentuhan dengan masyarakat, dan menyadarkan masyarakat untuk patuh berlalu lintas. “Satu pelangaran yang tekait pemakaian helm, tidak pakai safety belt, pakai handphone dan melawan arus itu akan ditindak”tambahnya.

BERITA REKOMENDASI