1800 Pendaki Tanam Pohon di Gunung Ungaran

KENDAL, KRJOGJA.com – Aksi 1001 Pendaki Gunung kembali melakukan penanaman pohon untuk melindungi ekosistem pegunungan agar tetap terjaga. Tahun ini pendaki yang menanam  sebanyak 1800 pendaki dan digelar di lereng Gunung Ungaran Desa Getas Blawong, Kecamatan Limbangan, tepatnya di perkebunan teh Promasan.

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Kendal Mirna Annisa,  Komandan Kodim 0715 Letkol Inf Ginda Muhammad Ginanjar dan juga beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kepada para Pecinta Alam Mirna mengaku bangga dan salut atas kepeduliannya.

Bupati Kendal Mirna Annisa mengawali kegiatan 1001 Pendaki Tanam Pohon di kawasan lereng Gunung Ungaran, Minggu (26/1). Upacara Pembukaan dilakukan di Lapangan Kebun Teh Promasan Desa Getas Balong Kecamatan Limbangan yang diawali dengan penanaman bibit pohon kendal oleh Bupati Kendal dan Forkompimda.

Kegiatan kali ini merupakan tahun keempat pasca kejadian kebakaran hutan pada tahun 2015 lalu. Diikuti peserta dari berbagai lintas komunitas pecinta alam dari berbagai daerah. Peserta terbanyak dari Kendal dan Semarang dengan peserta partisipasi dari Jakarta, Bandung dan daerah lainnya. Acara dibuka oleh Bupati Mirna yang memberikan aba-aba dimulainya aksi menanam 1001 pohon.

Bupati Mirna merasa salut dan bangga dengan banyaknya peserta yang ikut dalam aksi 1001 Pendaki Tanam Pohon. Beliau berharap untuk ke depan akan semakin banyak peserta yang ikut peduli terhadap lingkungan. "Ternyata masih banyak pemuda yang peduli melestarikan lingkungan. Semoga ini menjadi pionir atau penggerak bagi anak-anak muda lainnya," ujar Mirna.

Panitia Lapangan, Sigit Wijanarko mengatakan, aksi tanam pohon dilakukan untuk mengembalikan kondisi alam seperti semula yang banyak ditumbuhi pohon. Kawasan lereng gunung Ungaran pernah terbakar yang mengakibatkan banyak pohon yang mati. Dampaknya serapan air berkurang, sehingga cadangan sumber air menjadi berkurang. "Kami ingin mengembalikan kawasan itu hijau seperti sedia kala," ujar Sigit. Jumlah pohon yang ditanam 3.240 berbagai jenis salah satunya Pohon Kendal (Ung)

BERITA REKOMENDASI