2019, Pemerintah Siap Produksi Motor ‘Gesits’

SEMARANG, KRJOGJA.com – Awal 2019 pemerintah akan  produksi motor listrik 'Gesit'.

Demikiian Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir 
kepada wartawan di Kampus UNDIP,Semarang Jumat (30/11 2018) usai  seminar ' Capaian Kinerja 4 Tahun Jokowi Jk'.

"Januari sudah dimulai produksinya dengan kapasitas setahun sekitar 50-60 ribu unit," ujarnya .

Gesits adalah motor karya anak bangsa dengan sumber energi listrik hasil riset Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan PT Garansindo Surabaya. Sampai saat ini, kata dia, perlengkapan dan peralatan sudah disiapkan, seperti infrastruktur terkait baterai untuk pengisian energi yang bekerja sama dengan Pertamina.
"Teknisnya, baterai sudah disediakan di SPBU Pertamina. Kalau habis maka bisa ditukar dengan baterai baru. Ini akan memudahkan dan melancarkan penggunaannya," Demikian Menristekdikti.

Sepeda motor tersebut didesain dan jarak kecepatan tempuhnya bisa mencapai 100 kilometer per jam, memiliki daya tampung baterai sebesar 5.000 Kwh dan membutuhkan waktu dari 3-4 jam untuk pengisian ulang.
"Pak Presiden mengaku siap membeli dan untuk keperluan apa itu nanti karena terkait teknis di Istana," kata Menristekdikti.

Terkait harga, ia memastikan tetap kompetitif dibandingkan motor konvensional sehingga mampu bersaing dan dapat digunakan masyarakat untuk aktivitas sehari-hari.
"Ya, nanti harga industri, tapi mungkin sekitar Rp 20 juta-an. Motor ini sangat bagus dan mampu menghemat energi hingga 30 persen," katanya.(ati) 
 

BERITA REKOMENDASI